Jawabanmu

2014-04-28T18:19:43+07:00
Un=a+(n-1)b U5=a+4b=11 U3=a+2b=7 -------------- - (eliminasi) 2b = 4 b = 2 a+2b=7 a+2x2=7 a=7-4 a=3 Un=a+(n-1)b =3+(n-1)2 =3+2n-2 =2n+1 ♔♔
2 5 2
Jawaban paling cerdas!
2014-04-28T18:52:56+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
pada suatu aritmatika diketahui suku ke-3=7 dan suku ke-5=11. rumus suku ke-n barisan tersebut adalah
Jawaban :
Rumus Umum :
Un = a + (n - 1)b

Maka Untuk Suku ke 3 :
U₃ = a + (3 - 1)b = 7
U₃ = a + 2b = 7..................(1)

Untuk suku ke 5 :
U₅ = a + (5 - 1)b = 11
U₅ = a + 4b = 11.................(2)

Maka Untuk nilai a dan b eliminasi persamaan 1 dan 2 :
a + 2b = 7
a + 4b = 11 -
   - 2b = - 4
        b = - 4/-2
        b = 2

Maka Untuk nilai a, subtitusi nilai b = 2 ke persamaan 1 :
a + 2b = 7
a + 2(2) = 7
a + 4 = 7
a = 7 - 4
a = 3

Maka Untuk rumus suku ke n :
Un = a + (n - 1)b
Un = 3 + (n - 1)2
Un = 3 + 2n - 2
Un = 2n + 1