Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-28T17:31:22+07:00
Dik : 
m2 = 25 gr 
T2 = -10°C 
m1 = 100 gr 
T2 = 100°C -------> karena air mendidih = 100°C 
c air = 0,5 kal/gr°C 
L es = 80 kal/gr 
c air = 1 kal/gr 
Dit : 
Tc = ............? 

Penyelesaian : 

ini menggunakan azas Black 
Qlepas = Qserap 
m1 • cair • ΔT1 = (m2 • L es) + (m2 • c es • ΔT2) 
100 • 1 • (100 - Tc) = (25 • 80) + (25 • 0,5 • (Tc - (-10)) 
100 • (100 - Tc) = 2000 + 12,5 • (Tc + 10) 
10000 - 100Tc = 2000 + 12,5Tc + 125 
10000 - 2000 - 125 = 12,5Tc + 100Tc 
7875 = 112,5Tc 
Tc = 7875/112,5 
Tc = 70°C 

Jadi suhu akhir campuran adalah 70°C <--

Semoga membantu :)

jangan lupa jadiin terbaik yah ^^
1 5 1
2014-04-28T17:43:08+07:00
Q lepas  = Q terima
m.c.(  t_{1}  t_{a}  ) = m.c.(  t_{a} - t_{2} )
100 gr . 1 kal/gr derajatC . ( 100 derajatC -  t_{a} ) = 25gr . 0,5 kal/gr derajatC . ( t_{a} - 25 derajat C)
10.000 derajat - 100 t_{a} = 12,5  t_{a} - 62,5 derajat
10.000 derajat + 62,5 derajat = 12,5 t_{a} + 100  t_{a}
10.062,5 derajat = 112,5 t_{a}
 t_{a}  \frac{10.062,5}{112,5}
 t_{a} = 89,44... derajat C  / 89,5 derajat C

 t_{a} = suhu campuran
Jadikan yang terbaik 

1 5 1