Jawabanmu

2014-04-28T16:50:39+07:00
TEORI KONFLIKTeori utama mengenai sebab terjadinya konflik adalah :
a.    Teori Hubungan MasyarakatMenganggap bahwa konflik disebabkan oleh polarisasi yang terjadi, ketidakpercayaan dan permusuhan antar kelompok yang berbeda dalam suatu masyarakat.Sasaran : meningkatkan komunikasi dan saling pengertian antara kelompok yang mengalami konflik, serta mengusahakan toleransi agar masyarakat lebih bisa menerima keragaman yang ada.
b.    Teori Kebutuhan ManusiaMenganggap bahwa konflik yang berakar disebabkan oleh kebutuhan dasar manusia (fisik, mental dan sosial) yang tidak terpenuhi atau terhalangi. Hal ini sering dijadikan inti pembicaraan adalah keamanan, identitas, pengakuan, dan otonomi.Sasaran : mengidentifikasikan dan mengupayakan bersama kebutuhan mereka yang tidak terpenuhi, serta menghasilkan pilihan-pilihan untuk memenuhi kebutuhannya.
c.    Teori Negosiasi PrinsipMenganggap bahwa konflik disebabkan oleh posisi yang tidak selaras dan perbedaan pandangan tentang konflik oleh pihak yang mengalami konflik tersebut.Sasaran : membantu pihak yang berkonflik memisahkan perasaan pribadi dengan berbagai masalah dan isu dan mampu melakukan negosiasi berdasarkan kepentingan mereka dari pada posisi yang sudah tetap.
d.    Teori identitasMengasumsikan bahwa konflik disebabkan oleh identitas yang terancam yang sering berakar pada hilangnya suatu atau penderitaan di masa lalu yang tidak terselesaikan.Sasaran :  melalui fasilitas loka karya dan dialog antara pihak-pihak yang mengalami konflik membangun empati dan rekonsiliasi diantara mereka.
1 3 1