Jawabanmu

2014-04-28T15:43:30+07:00
Mungkin keterkaitannya adalah
alam itu sendiri yg bisa mempengaruhi budaya suatu tempat
1 5 1
2014-04-28T18:10:52+07:00
Jadi bin, contohnya masyarakat yang masih tinggal di pedesaan tuh kan masih kurang maju gitu. Jadi, mereka tuh kan kalo bercocok tanam masih ada aja yang manual belum pake mesin, terus biasanya masyarakat di pedesaan tuh masih suka ngadain upacara panen gitu kan. Nah di aktivitas2 tadi itu alam ama budaya ada keterkaitan juga kan disitu. Mereka tuh cara pemanfaatan alamnya juga masih ada budayanya, masih ngikutin adat istiadat. Kadang ada juga kan bin, yang suku anak dalam gitu atau suku-suku yang tinggal di hutan gitu, mereka kan ga mau ngerusak alam soalnya mereka hidup masih bener-bener memanfaatkan alam terusnya kan lingkungan hidup mereka di pedalaman hutan gitu. Nah, kaitannya alam ama budaya jadi mereka itu kan memanfaatkan alam untuk hidup tapi dengan budayanya tersendiri. Beda juga kan ama kita, kita udah hidup di perkotaan kita manfaatin alam udah bener-bener berlebihan padahal hidup udah serba mesin, budaya kita sebenernya udah beda ama budaya mereka. Mereka juga karena percaya bahwa hutan yg mereka tinggalin itu warisan nenek moyang mereka dan harus dijaga sama anak cucu mereka, beda ama orang modern yang mikirnya hutan harus dimanfaatkan tapi secara berlebihan jadi ga ada kesadaran buat lestariin hutan itu. Gitulah bin, dela jawaban sendiri yah ni, tau bener apa kagak. Maaf kalo serada aneh apa gajelas gitu.
1 5 1