Jawabanmu

2014-04-28T14:21:53+07:00
Manfaat Konduksi :
Perpindahan panas antara dua sustansi, dari sustansi yang bersuhu tinggi, panas berpindah ke sustansi yang bersuhu rendah dengan adanya kontak kedua sustansi secara langsung disebut dengan konduksi. Ketika sustansi atau benda yang memiliki perbedaan suhu saling bersentuhan, terdapat sejumlah kalor yang mengalir dari benda atau tempat yang bersuhu tinggi ke benda atau tempat yang bersuhu rendah. Kalor membutuhkan selang waktu tertentu.
Manfaat Konveksi :
Perpindahan kalor pada suatu zat yang disertai perpindahan partikel-partikel zat tersebut disebut dengan konveksi. Konveksi terjadi diakibatkan adanya ekspansi termal dan konduksi. Konveksi merupakan cairan yang berpindah akibat adanya perbedaan suhu. Ekspansi termal adalah sifat dari sustansi yang bertemperatur tinggi dimana partikel-partikel sustansi tersebut volumenya meluas/membesar akibat panas. Maka akibatnya berat jenis partikel itu berkurangnyaberat jenis partikel, maka partikel itu akan terdorong ke atas (dalam hal ini udara panas), sedangkan udara dingin yang ada di atasnya akan turun menggantikannya.
Manfaat Radiasi :
Berarti transmisi gelombang, objek atau informasi dari sebuah sumber ke medium atau tujuan sekitarnya. Radiasi merupakan perpindahan kalor dalam bentuk gelombang elektromagnetik, seperti cahaya tampak, ultra violet dan inframerah.



10 4 10
2014-04-28T15:10:58+07:00
Pemanfaatan konduksi = erpindahan panas melalui zat perantara. Namun, zat tersebut tidak ikut berpindah ataupun bergerak a. Memasak air menggunakan panci logam = Logam merupakan konduktor panas yang baik sehingga panas dari api akan cepat di hantarkan dan menyebabkan air segera mendidih. b. Membuat kopi atau minuman panas = Panas dari air mengalir ke seluruh bagian sendok. c. Membakar besi logam dan sejenisnya = menunjukkan panas berpindah dengan perantara besi logam tersebut d. Solder = Solder listrik akan menerima panas dari konversi energy listrik. e. Setrika listrik = setrika listrik akan merubah energi listrik menjadi energi panas konveksi = perpindahan panas yang disertai dengan perpindahan zat perantaranya a. Terjadinya angin laut dan angin darat = perbedaan suhu antara daratan dan lautan ini menimbulkan angin laut pada siang hari dan angin darat pada malam hari. b. Radiator mobil = proses konveksi melibatkan fluida (dalam kasus ini di wakili oleh air) sebagai penghantar panas c. Pengering rambut (hairdryer) = pengering rambut (hair dryer), kipas angin menarik udara disekitarnya dan meniupkan kembali setelah di lewatkan pada elemen pemanas di dalamnya radiasi = proses perpindahan panas melalui radiasi gelombang elektromagnetik, tanpa perlu medium a. Oven microwave = Gelombang mikro (microwave) merupakan salah satu bentuk radiasi elektromagnetik yang mudah diserap oleh molekul-molekul air b. Radiasi panas dari tungku perapian = radiasi elektromagneti dari api (akan menghantarkan hangatnya api ke tubuh ) c. Radiasi panas dari bola lampu = rasa panas dari lampu dipindahkan secara radiasi atau pancaran
12 3 12