1,2kg gas ideal disimpan pd silinder. pd saat diukur tekanannya 2.10^5 pa & suhu 27derajat C. jika sejumlah gas sejenis dimasukkan lg ternyata suhunya mnjadi 87derajat C & tekanan mnjadi 3.10^5 pa. brpkah massa gas yg dimasukkan tadi?

2

Jawabanmu

2014-04-28T06:26:16+07:00
PV = nRT

1,2kg gas ideal disimpan pd silinder. pd saat diukur tekanannya 2.10^5 pa & suhu 27derajat C. jika sejumlah gas sejenis dimasukkan lg ternyata suhunya mnjadi 87derajat C & tekanan mnjadi 3.10^5 pa. brpkah massa gas yg dimasukkan tadi?
v tetap dan nR = Massa/Mr * R

P1 V1 = (nR)T
2.10^5*1 = nR*300
nR = 200000/300

P2 V2 = nR T2
3.10^5*1 = nR 360
nR = 300000/360

nR2/nR1 = 300000/360 / 200000/300 = 3*3*10^8 / 7.2 *10


nR2 = 1.25 nR1



selisih = gas yang dimasukkan sebesar 1.25*1.2 = ??



cek lagi perhitungannya karena g pake kalkulator
Jawaban paling cerdas!
2014-04-28T12:09:34+07:00
m1 = 1,2 kg P1 = 2. 10^{5}  Pa
T1 = 27° + 273 = 300 K
T2 = 87° + 273 = 360 K
P2 = 3. 10^{5}  Pa
m = ?

Pada setiap keadaan gas berlaku persamaan umum
gas.

PV = n R T
Substitusikan n = sehingga diperoleh:
PV = R T

m2 = 1,5 kg.
Berarti penambahan massanya:
m = m2 - m1
= 1,5 - 1,2 = 0,3 kg.

2 5 2