a. Maulana Malik Ibrahim, beliau juga dikenal dengan nama Maulana Magribi. Ia dianggap sebagai orang islam pertama yang masuk pulau Jawa.
b. Sunan Ampel, beliau memiliki nama asli Raden Rahmat. Beliau lahir di Campa dan merupakan putra Maulana Malik Ibrahim dari istrinya bernama Candrawulan.
c. Sunan Bonang, beliau lahir di Surabaya dan merupakan putra Raden

Jawabanmu

2014-04-27T21:06:12+07:00
1). Sunan gresik (maulanan Malik Ibrahim. inilah wali pertama datang ke jawa pda abad ke 13 dan menyiarkan islam di sekitar gresik, dimakamkan di gresik, jawa timur.

2). Sunan amper(raden rahmat) menyiarkan islam di ampel surabaya., jawa timur. Beliau merupakan perancang masjid di demak.

3). Sunan derajad (syarifudin) anak dari sunan ampel. Menyiarkan agama di sekitar surabaya. Seorang suna yg sangat berjiwa sosial.

4). Sunan bonang (makdum ibrahim). Anak dri sunan ampel. Menyiarkan islam di tuban,lasem,dan rembang.

5). Sunan kalijaga (raden mas said/jaka said). Murid sunan bonang menyiarkan islam di jawa tengah.

6. Sunan giri(raden paku) menyiarkan islam di luar jawa. Yaitu madura ,bawean,nusa tenggara,maluku.

7. Suna kudus(jafar sodiq) menyiarkan islam di kudus,jawa tengah.

8. Sunan muria(raden umar said) menyiarkan islam di lereng gunung muria, jawa tengah.

9. Sunan gunung jati(syarif hidayatullah) menyiarkan islam di banten sunda kelapa,dan cirebon. Seorang pemimpin yg berjiwa besar.

Baiklah, cukup basa-basinya insya Allah saya akan sedikit menjelaskan peran para tokoh Islam di Indonesia, yang tentunya menjadi salah satu factor perkembangan Islam di Indonesia yang datang ke nusantara sekitar abad ke 12 M – abad ke 16 M. Tentunya, para sahabat sudah tahu bukan, tentang tokoh para Wali Sembilan atau yang kerap disebut Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa.Nah, selain para Wali Songo, terdapat juga beberapa ulama atau tokoh agama yang berperan dalam proses Islam
2014-04-27T22:07:24+07:00