Jawabanmu

2014-04-27T20:48:00+07:00
Berdasarkan karya-karya penulis asing dan penulis Melayu tentang sejarah Aceh dan sejarah negeri-negeri di Semenanjung Tanah Melayu, dapat diketahui bahwa hubungan antara Kerajaan Aceh yang berlokasi di bagian paling utara Pulau Sumatra dengan Kerajaan Johor di bagian selatan Semenanjung Tanah Melayu telah terjalin semenjak abad ke XVI.1 Tetapi, hubungan ini ternyata bukanlah semata hubungan yang harmonis atau menyenangkan bagi kedua belah pihak. Karena seperti dipaparkan dalam hampir semua sumber-sumber sejarah itu, lebih banyak menginformasikan tentang konflik-konflik atau pertentangan-pertentangan yang terjadi di antara kedua kerajaan.2 Dari sejumlah fakta yang terdapat dalam sumber-sumber itu dapat diinterpretasi penyebab atau punca mengapa sampai terjadinya konflik tersebut.
Pada umumnya semua peristiwa sejarah, termasuk peristiwa konflik yang terjadi antara Kerajaan Aceh dengan Kerajaan Johor disebabkan oleh beberapa faktor. Namun di antara faktor-faktor penyebab itu, terdapat faktor yang paling dominan atau menonjol. Dalam kasus peritiswa konflik antara Kerajaan Aceh dengan Kerajaan Johor diperkirakan penyebabnya antara lain; adanya perebutan kuasa dalam hegemoni perniagaan di kawasan Selat Melaka di antara beberapa Kerajaan Melayu3 di samping itu peningkatan maruah kekuasaan masing-masing kerajaan yang berbeda kepentingan juga menjadi salah satu penyebab. Sedangkan faktor yang paling dominan dalam hal ini karena kehadiran pihak barat (orang-orang Portugis) yang mempunyai kepentingan tersendiri. Untuk kepentingannya pihak Portugis melakukan bermacam cara, termasuk menciptakan pertikaian dan permusuhan serta membiarkannya terus terjadi di antara sesama Kerajaan Melayu yang penduduknya sama-sama penganut agama Islam. dan karena penduduk aceh yakin bahwa sellat malaka merupakan kepunyaan mereka.
1 5 1
2014-04-27T20:50:47+07:00
Krna pada saat itu kerajaan aceh mngalami puncak kejayaan pd masa pemerintahan iskandar. pada waktu itu wilayah yg meliputi kerajaan aceh yaitu semenanjung malaya dan sumatra bagian utara. dan dengan angkatan laut yg kuat, sehingga kerajaan aceh memegang hegemoni diselat malaka shingga dapat mengendalikan di selat melaka. maaf kalau salah :)
3 4 3