Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-27T19:26:10+07:00
Kerajaan Demak berdiri sekitar abad 15 M oleh Raden Patah (putra Raja Majapahit yang bernama Kertawijaya).Ketika kerajaan Majapahit mengalami kehancuran akibat perang saudara tahun 1478,Demak bangkit menjadi kerajaan islam.Kerajaan Demak berkembang menjadi kerajaan besar,di bwah pimpinan Raden Patah pda tahun 1481-1518.Negeri-negeri di pantai Utara Jawa yg sudah menganut Islam mengakui kedaulatan Demak
1 5 1
2014-04-27T19:30:11+07:00
Latar Belakang
Kerajaan Demak merupakan kerajaan Islam pertama di Pulau Jawa. Sebelumnya kerajaan Demak merupakan keadipatian vazal dari kerajaan Majapahit. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1500 hingga tahun 1550 (Soekmono: 1973). Raden patah adalah bangsawan kerajaan Majapahit yang telah mendapatkan pengukuhan dari Prabu Brawijaya yang secara resmi menetap di Demak dan mengganti nama Demak menjadi Bintara.(Muljana: 2005). Raden Patah menjabat sebagai adipati kadipaten Bintara