Jawabanmu

2014-04-30T21:52:51+07:00
Suhu didefinisikan sebagai derajat panas suatu benda. Semakin tinggi suhu suatu benda, semakin panas benda tersebut. Secara mikroskopis, suhu menunjukkan energi yang dimiliki oleh suatu benda. Suhu juga disebut temperatur.Benda yang panas memiliki suhu lebih tinggi dibandingkan benda yang dingin.Mmmmhhh…. apakah alat indera kita dapat membedakan suhu dengan baik?

Siapkan 3 buah ember, masing-masing berisi air hangat, air sejuk, dan air es.
Lalu rendamlah tangan kiri dalam air hangat, sedangkan tangan kanan dalam air es. Lakukan selama beberapa saat.
Masukkan kedua tangan ke dalam air sejuk. Apakah yang kita rasakan? Tangan manakah yang terasa dingin?

Sebuah benda terasa hangat oleh salah satu tangan tapi kurang hangat bila di rasakan oleh tangan lain,hal ini menunjukan bahwa alat indra tak dapat menentukan suhu dengan baik/tepat dan bersifat relatif tergantung kecenderungan perasaan dan kepekaan indra peraba setiap individu.

Contoh lain adalah saat kita terkena demam. Kita akan merasakan bahwa tubuh kita panas. Biasanya kita merasakannya menggunakan tangan orang lain yang memegang tubuh kita. Biar pun kita merasakan panas pada tubuh, tapi kita tidak bisa menghitung berapa suhu badan kita saat itu.

Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu dengan valid.