Struktur nya adalah :
Struktur nya adalah :
1. Orientasi yaitu bagian awal yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat dan waktu, dan awalan masuk ke tahap berikutnya.
2. Komplikasi, yaitu bagian dimana tokoh utama berhadapan dengan masalah (problem). Bagian ini menjadi inti teks narasi : harus ada. Jika tidak ada masalah, masalah harus diciptakan.
3. Resolusi, bagian ini merupakan kelanjutan dari komplikasi, yaitu pemecahan masalah. masalah harus diselesaikan dengan cara yang kreatif.

Jawabanmu

2014-04-27T18:13:17+07:00
1. Menangkap ide
2. Menulis dengan gaya bahasa sendiri
3. Membuat paragraf pembuka
4. Merangkai alur dan plot
5. Membuat paragraf penutup
6. Mengendapkan tulisan
7. Mengedit tulisan
8. Menulis lagi, belajar lagi, menulis lagi, demikian seterusnya
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-04-27T18:14:27+07:00
Untuk menulils sebuah cerpen. Adapun langkah-langkahnya adalah:· 
Menemukan ide dalam sebuah tema;
· Menyusun alur cerita sebagai kerangka karangan;· Mengumpulkan kosa kata dan gaya bahasa;· Mengembangkan alur cerita menjadi karangan utuh.
Di samping itu penulis tentu merancang unsur-unsur cerita sesuai dengan komponen-komponen sastra yang lazim terdapat dalam karya sastra prosa jenis fiksi, yaitu:· 
Tema; berisi tentang tema apa yang akan mendarahi cerita
· 
Plot/alur; bagaimana susunan peristiwanya?
· 
Penokohan; berapa tokoh yang masuk dalam cerita, siapa tokoh utamanya?
· 
Latar; kapan, dimana, bagaimana peristiwa itu terjadi?
· Konflik; apa yang menjadi konflik permasalahan?·
 
Pesan/amanat; apakah amanat yang disampaikan kepada pembaca
1 5 1