Gerak nasti dibagi menjadi 7. Jelaskan pembagiannya serta berikan masing" contohnya 3. (diperlukan jawaban yang serius.)

2
di internet ada 6.. tpi sama guruku disuruh cari 7.. makanya semua temen-temen bingung.. jd nanya deh disini..hehe
gerak nasti ada 5 macam...( tap mungkin maksudnya nanti ada namanya nasti komplek gabungan dari beberapa nasi tang lain)
gerak tropisme ada 4 macam
gerak taksis ada dua macam
itu saya hapal banget tu
oke...
oh iya saya sudah tau satu lagi tambahannya.
haptonasti
gimana rumus asas black

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-27T16:36:22+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ditinjau dari macam sumber rangsangannya, gerak nasti dibedakan menjadi :
1. Fotonasti
Fotonasti adalah gerak nasti pada tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan cahaya matahari. Misalnya : Bunga pukul sembilan yang mekar sekitar pukul sembilan atau bunga pukul empat (Mirabilis jalapa) yang akan mekar pada sore hari dan menutup esok paginya.

2. Niktinasti
Niktinasti adalah gerak nasti yang disebabkan oleh suasana gelap. Istilah niktinasti berasal dari bahasa Yunani, nux yang berarti malam. Umumnya, daun-daun tumbuhan polong-polongan (Leguminosaceae) akan menutup pada waktu malam. Daun-daun tersebut akan membuka kembali pada pagi hari. Selain disebabkan oleh suasana gelap, gerak “tidur” daun-daun tersebut dapat terjadi akibat perubahan tekanan turgor di dalam persendian daun. Misalnya: Gerak tidur daun pohon turi di malam hari, yang mengatupkan daunnya saat hari mulai gelap atau daun pohon lamtoro yang melipat ke bawah menjelang malam hari.
3. Tigmonasti
Tigmonasti adalah gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan mekanis berupa sentuhan atau tekanan. Istilah tigmonasti berasal dari bahasa Yunani, yaitu thigma yang berarti sentuhan. Gerak tigmonasti disebut juga dengan seismonasti. Misalnya: Gerak mengatupnya daun putri malu karena terkena sentuhan. Respon mengatup (seperti layu) akan terjadi dalam waktu singkat sekitar 1-2 detik. Untuk kembali ke posisi semula, tumbuhan putri malu membutuhkan waktu lebih kurang 10 menit. Mekanisme gerak ini juga disebabkan oleh pengaruh perubahan tekanan turgor di dalam sel-sel pada persendian daun.
4. Termonasti
Termonasti adalah gerak nasti yang disebabkan oleh rangsangan suhu. Misalnya: Mekarnya bunga tulip pada saat suhu udaranya sesuai
5. Haptonasti
Haptonasti adalah gerak nasti yang terjadi pada tumbuhan insektivora yang disebabkan oleh sentuhan serangga. Misalnya: Menutupnya daun tanaman kantung semar dan Venus ketika tersentuh serangga kecil. Jika seekor serangga mendarat di permukaan daun, daun akan cepat menutup. Akibatnya, serangga tersebut terperangkap dan tidak dapat keluar.
6. Nasti Kompleks
Nasti kompleks adalah gerak nasti yang disebabkan oleh beberapa faktor sekaligus.
Rangsangan yang diterima dapat berupa: cahaya matahari, suhu, air dan zat kimia. Misalnya : Gerak membuka dan menutupnya sel-sel penjaga pada stomata

7. Seismonasti akibat getaran
makasih yaaaaaa :)
sama2 jadikan yang terbaik donk
seismonasti sm tigmonasti bukannya sama ya??? berarti cuma 6 dongg
2014-04-27T20:40:11+07:00
Maaf sebelumnya, karena saya hanya mendapat 5 saja.
Macam-macam gerak nasti:
1. Niktinasti, contohnya: gerak tidur daun tanaman Leguminosae (kacang-kacangan) menjelang petang )gelap) aakibat perubahan tekanan tugor pada tangkai daun.
2. Fotonasti, contohnya:mekarnya bunga pukul emta (Mirabilis jalapa) pada sore hari krn telah memperoleh periode terang yang cukup dari cahaya matahari
3.Seismonasti, contohnya: Gerak menutupnya daun putri malu (Mimmosa pudica) saat tersentuh karena perubahan tekanan tugor pada tangkai daun
4. Termonasti, contohnya: Mekarnya bunga tulip pada hari yang hangat pada musim semi
5. Nasti kompleks, contohnya: terjadi pada stomata daun yang terbuka pada siang hari dan tertutup pada malam hari