Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi matahari mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.

Jawabanmu

2014-04-27T14:52:40+07:00
Berdasarkan relativitas umum gravitasi dideskripsikan bukan sebagai gaya, tetapi sebagai lengkungan ruang dan waktu. Efek tarik menarik antara massa ini berarti diakibatkan lengkungan ruang antara massa tersebut. Bukan massa yang menarik massa lain, tetapi lebih karena keberadaan massa itu melengkungkan ruang. Akibat lengkungan ruang ini, massa-massa lain yang berada di sekitar lengkungan ruang, tertarik menuju massa lain yang juga melengkungkan ruang disekitarnya. 

Dari kuantum mekanik dikatakan partikel pembawa efek gravitasi ini adalah graviton. Keberadaan graviton ini merupakan analogi dari gaya elektromagnet yang memiliki foton sebagai partikel pembawa gaya elektromagnet. Hanya saja pada skala planck-length teori virtual graviton ini runtuh. Saya sendiri termasuk yang tidak percaya keberadaan graviton.
2014-04-27T15:49:07+07:00
Sumber gaya gravitasi bumi terletak di inti bumi