Jawabanmu

2014-04-27T13:38:38+07:00
Pertama tentukan tema nya dahulu stlh itu jalan ceritanya di isyaratkan menggunakan kata yg jelas
2014-04-27T13:45:55+07:00
Pertama tama harus menemukan gagasan utama dan ide pokok dalam menulis cerpen dan novel
3.Ketiga, pengalaman hidup. Guru yang paling baik dihidup kita adalah pengalaman. Jangan pernah ragu untuk membuat sebuah cerpen atau novel dari pengalaman hidup kita sendiri. Terkadang pengalaman hidup kita merupakan kisah yang sangat menarik untuk sebagian orang. Coba kita lihat novel Laskar pelangi, kisah yang berada didalam novel itu merupakan kisah dari sang penulis, Andrea Hirata yang kini telah banyak diterjemahkan keberbagai bahasa bahkan diangkat kelayar lebar yang sukses didalam dan lu
didalam dan luar negeri. Jadi, jangan pernah ragu untuk mengambil kisah pribadi kita untuk dijadikan sebuah cerpen atau novel.
4.Keempat.Jangan pernah mencoba untuk berpikir meng-copy karya orang karena itu tidak akan membuat kalian menjadi penulis cerpen ato novel yang handal nantinya.
5. Terakhir, menulis cerpen atau novel bukan karena ada tugas dari ibu guru atau dosen… melainkan itu panggilan dari hati kalian bahwa menjadi seorang penulis cerpen atau novel yang fenomenal merupakan impian kalian yang kelak akan tercapai.

Semoga tips saya dapat membantu sobatJadikan yang terbaik ya?
trimakasih atas jawabannya,,..
sama2