Jawabanmu

2014-04-27T11:37:48+07:00
Runtuhnya Tarumanegara belum dapat di ketahui pasti. Kemungkinan Tarumanegara di taklukan Sriwijaya (sepertihalnya terlulis dalam Prasasti Prasasti Karang berahi). Sehingga dapat di duga runtuhnya Tarumanegara sekitar + tahun 669 M oleh serangan Sriwijaya
makasih atas jawabannya ;-)
Komentar sudah dihapus
Jawaban paling cerdas!
2014-04-27T11:37:54+07:00
Perkembangan kerajaan Tarumanegara tidak diketahui secara lengkap, karena prasasti yang ditemukan sebagian hanya menyampaikan berita saat pemerintahan raja Purnawarman dan sisanya belum dapat ditafsirkan secara lengkap. 
Tapi ada beberapa bukti lain yang menyangkut kerajaan Tarumanegara: 
- Catatan dari musafir Cina, Fa Hsien pada abad ke 5, bahwa ia sempat berkunjung ke kerajaan Tarumanegara dan menceritakan pula kehidupan rakyatnya yang sebagian besar menganut agama Hindu 
- Berita dari Cina, pada abad 6 dan 7, bahwa pernah ada kerajaan di Jawa bernama To-lo-mo yang beberapa kali mengirim utusan ke Cina, dari bunyi kata tersebut dapat ditafsirkan bahwa To-lo-mo adalah Tarumanegara 
- Prasasti Karang Berahi dari Kerajaan Sriwijaya, yang mengatakan bahwa pada abad 7, Sriwijaya berperang dengan kerajaan Bumi Jawa dan berhasil menguasainya. Salah satu daerah yangdapat dikuasai Sriwijaya pada masa kejayaannya adalah Jawa Barat, sehingga kemungkinan Bumi Jawa itu adalah Tarumanegara 
-Naskah Wangsakerta, yang disusun pada masa Kesultanan Cirebon, abad 18, menjelaskan bahwa Tarumanegara berkembang hingga abad ke 9, lalu raja terakhirnya bernama Lingagwarman mengganti nama kerajaan menjadi kerajaan Sunda. Namun naskah ini masih kontroversi karena dianggap terlalu historis dan ada kemiripan dengan sastra Barat (modern)
Komentar sudah dihapus
Komentar sudah dihapus