Seorang penjahit akan membuat pakaian jadi dengan persediaan kain polos 20 m dan kain bergaris 10 m. model A membutuhkan 1m kain polos dan 1,5m kain bergaris. model B membutuhkan 2m kain polos dan 0,5m kain bergaris. jika keutungan pakaian modelA Rp.15.000 dan pakaian model B Rp.10.000 tentukan keuntungan maksimumnya

2

Jawabanmu

2014-04-27T11:39:08+07:00
Keuntungannya adalah Rp. 325.000,-
trus klo hasil segitu caranya gimana?
Jawaban paling cerdas!
2014-04-27T11:44:42+07:00
Model1         Model2     Persediaan 
Polos1              2             20 
Bergaris1,5      0,5            10 
Model1 = x  
Model2 = y 
Model mtk 

x + 2y ≤ 20…..(i) garis melalui (0,10) dan (20,0) 

1,5x+0,5y ≤ 10…..(ii) garis melalui (0,20) dan ((20/3), 0) 

f(x,y) = 15000x + 10000y 

x = 20 - 2y → substitusi pada (ii) 
1,5(20-2y) + 0,5y = 10 
30 – 3y + 0,5y = 10 
-2,5y = -20 

y = 8 → substitusi pada (i) atau (ii) 
x + 2(8) = 20 
x = 4 
titik potong pada (4,8) 
dari gambar, himpunan penyelesaian melalui (0,10),(4,8) dan ((20/3), 0) 
f(x,y) = 15000x + 10000y 
(0,10)→ 0 + 10000(10) = 100.000 
(4,8)→ 15000(4) + 10000(8) = 140.000 
((20/3),0)→ (20/3)(15000) + 0 = 100.000 

Maksimum Rp.140.000 
emang ada titik potongnya?
Komentar sudah dihapus