Keanggotaan di PBB banyak manfaatnya, salah satunya ngejalanin tugas yang ada di alinea 4 Pembukaan UUD 45 yang "menjaga ketertiban dunia". Contohnya waktu pembahasan masalah Iran. Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan tidak tetap PBB mengambil opsi abstain. Yup, pengaruhnya memang tidak sesignifikan kalau Indonesia menolak opsi memberikan resolusi/sanksi ke Iran, tapi itu saja sudah merupakan suatu usaha yang bernilai untuk memberikan perimbangan kekuatan dunia.

Jawabanmu

2014-04-27T11:14:04+07:00
Pernah mencoba ngebayangin kalo kamu gak punya temen? kaya gitu juga dalam kehidupan bernegara kalau gak ada temen, terkucil. ini pernah dirasakan Indonesia saat keluar dari PBB karena konfrontasi dengan Malaysia. Keanggotaan di PBB banyak manfaatnya, salah satunya ngejalanin tugas yang ada di alinea 4 Pembukaan UUD 45 yang "menjaga ketertiban dunia". Contohnya waktu pembahasan masalah Iran. Indonesia sebagai anggota Dewan Keamanan tidak tetap PBB mengambil opsi abstain. Yup, pengaruhnya memang tidak sesignifikan kalau Indonesia menolak opsi memberikan resolusi/sanksi ke Iran, tapi itu saja sudah merupakan suatu usaha yang bernilai untuk memberikan perimbangan kekuatan dunia supaya negara yang merasa adidaya tidak lebih merasa arogan. 
Keanggotaan PBB ini juga berkait erat dengan penyelesaian masalah2 negara bertetangga. misalnya Indonesia dan Malaysia. dengan keanggotaan di PBB kemungkinan mengambil dukukungan dari negara2 lain untuk penyelesaian suatu sengketa lebih terbuka dan akhirnya membantu penyelesaian masalah tersebut, baik yang udah masuk ke pengadilan internasional ataupun belum. 
Cukup banyak dan panjang kalau dijelaskan. lebih bagus kalau kamu mau membaca tentang geopolitik dan geostrategi. itu semua berkaitan
2014-04-27T11:15:20+07:00
PBB membantu Indonesia mendapatkan Irian Barat lagi,
PBB membantu Indonesia di KMB