rayap adalah serangga atau hama penting kehidupan manusia, yang harus diberantas :D . dia memakan kayu atau kerangka rumah, ia sahabatnya si semut. Rayap ada 6 jenis, : rayap pohon, rayap kayu, rayap lemabab, rayap kering, rayap subteran dan rayap tanah. jika laron itu adalah calo ratu atau raja . karena ia sbg pertanda bahwa rumah anda akan teserang rayap. dan biasanya laon muncul pada saat hujan lebat. laron memiliki ciri, : memiliki sayap kecil namun rentan. dan ia tidak bisa bertahan lama .

Jawabanmu

2014-04-27T10:14:21+07:00
Rayap adalah anak laron yang tidak berkelamin, laron adalah bentuk metamorfosis dari rayap
2014-04-27T10:15:33+07:00
Perkembangan hidup rayap adalah melalui metamorfosa hemimetabola , yaitu secara bertahap, yang secara teori melalui stadium (tahap pertum­buhan) telur, nimfa dan dewasa. Walaupun stadium dewasa pada serangga umumnya terdiri atas individu-individu bersayap (laron), karena sifat polimorfismenya maka di samping bentuk laron yang bersayap, stadium dewasa rayap mencakup juga kasta pekerja yang bentuknya seperti nimfa yang berwarna keputih-putihan, dan kasta prajurit yang berbentuk khusus dan berwarna lebih kecoklatan.

Jadi tergantung pemaknaannya. 'Laron', kalau dimaknakan sebagai rayap yang bersayap, memang cuma sebentar 'hidup'-nya dan tidak menggunakan kayu (selulosa) sebagai makanannya. Karena setelah sayapnya lepas, dia menanggalkan nama 'Laron' dan kembali menjadi rayap dalam kasta reproduktif.

Smga membantu.