Jawabanmu

2014-04-26T23:07:29+07:00
Mungkin karena batang sirih kan kecil dan gak bisa buat berdiri jd merambat,,
Jawaban paling cerdas!
2014-04-26T23:10:13+07:00
Tigmotropisme adalah pergerakan pertumbuhan sel tanaman yang dirangsang oleh sentuhan. Kata ini berasal dari bahasa thigma "thigma" yang berarti "sentuhan". Contoh dari tigmotropisme adalah pertumbuhan tanaman seperti sirih dan tanaman yang pertumbuhannya merambat dan memiliki sulur yang membelit bagian penopangnya. sulur tanaman akan tumbuh lurus hingga menyentuh sesuatu. Adanya kontak sulur tersebut merangsang sulur untuk tumbuh melilit, karena terjadi perbedaan kecepatan pertumbuhan. Hal ini dikarenakan sel-sel yang terkena sentuhan akan memproduksi hormon aulsin sehingga pertumbuhannya menjadi lebih cepat hingga membengkok dan melilit sumber sentuhan 
1 5 1