1. sebuah benda dengan tinggi 5 cmditempatkan berdiri di depan lensa cekung pada jarak 25 cm. jarak fokus lensa adalah 20 cm. tentukan letak bayangan, perbesaran, tinggi, dan sifat bayangan yang terbentuk ???
2. berapakah kecepatan cahaya dalam gelas yang indeks bias gelas atau kaca 1,5 jika deketahui kecepatan cahaya di udara 3 x 10'8 m/s (pangkat 8)
3. indeks bias air = 3/4 apakah artinya? lukiskan arah sinar pada pembiasannya dari udara ???

masing2 dibuat . diketahui,ditnya,dan cra penyelesaiannya ?

2
oh gtu . jwbnya ikut cara kmu aja deh 4/3 .
tapi itu disuruh gambar ya?
iya . kmu bisa kn gambar nya ?
aq cba dulu ya..
Komentar sudah dihapus

Jawabanmu

2014-04-26T23:12:20+07:00
Dik : h = 5 cm
        s = 25 cm
        f = 20 cm
Dit : s' = ? 
       M =?
       h' = ?
       Sifat bayangan ?
jawab :
1/s' = 1/f - 1/s
      = 1/20 - 1/25
      = 5/100 - 4/ 100
     = 1/100
s' = 100

M = s'/s
    = 100/25
    = 4

h' = M x h
  = 4 x 5 
  = 20
Kalo ga salah ya
kok cuma nomor 1? yg nomor 2 dan 3 mana?
makasihh tiara :)
Jawaban paling cerdas!
2014-04-27T00:45:47+07:00
1. Dik : h = 5 cm
            s = 25 cm
            f  = 20 cm
     Dit : a. s' = .....?
            b. M = ....?
            c. h' = .....?
            d. sifat cahaya = .....?
     Peny:
     a. 1/s' = 1/f - 1/s
         1/s' = 1/20 - 1/25
         1/s' = 5/100 - 4/100
         1/s' = 1/100
         s'/1 = 100/1
         s'    = 100 cm
         jadi, jarak benda adalah 100 cm
     b. M = s' / s
             = 100 / 25
             = 4 kali
          jadi, perbesaran bayangannya adalah 4 kali
      c. h' = M × h
              = 4 × 5 
              = 20 cm
           jadi, tinggi bayangan tersebut adalah 20 cm

2. Dik : c = 3 × 10⁸ m/s
            n = 1,5 ⇒ 
    Dit :  v = ....?
    Peny:
    v =  \frac{c}{n}
    v =  \frac{3. 10^{8} m/s }{ \frac{3}{2} }
    v = 2 × 10⁸ m/s
    jadi, cepat rambat cahaya dalam gelas tsb adalah 2 × 10⁸ m/s

3. Dik : indeks bias air = 4/3
    Dit : lukislah pembiasan cahaya dari udara!
    Peny:
    n =  \frac{A'O}{B'O}  \frac{4}{3}
    dengan demikian ⇒ A'O = 4 satuan
                                    B'O = 3 satuan
    gambarnya aq sisipkan d file ya...

ok,selesai..
sekian dan terima kasih....=)


            
2 5 2