Jawabanmu

2014-04-26T20:36:22+07:00
Mesin abstrak dalam bahasa Pascal adalah mesin yang cara kerjanya tidak kita sadari, disebut juga mesin yang tidak terlihat.
2014-04-26T20:38:44+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Mesin Abstrak adalah mesin yang tidak terlihat. Maksudnya tidak terlihat adalah mesin itu ada, namun kita tidak menyadari pekerjaannya. Mesin abstrak digunakan untuk membuat komputer membaca satu per satu karakter dari sebuah string. Contoh: input user : ‘selamat’ . Tanpa mesin abstrak, komputer membacanya sebagai ‘selamat’. Sedangkan dengan mesin abstrak, komputer membacanya ‘s’,’e’,’l’,’a’,’m’,’a’,’t’. Dari contoh tadi, maka type dari penampung mesin abstrak adalah ‘char’ Mesin abstrak akan banyak sekali pengaplikasiannya. Misalnya, dalam membaca struktur DNA, mencari angka dalam sebuah deret angka, dan masiihhh buaanyak lagi. Jujur saja, mesin abstrak adalah materi yang paling ribet bagi saya karena pengaplikasiannya yang bisa macem2. Komponen-komponen mesin abstrak  PitaChar adalah inputan user. Pada umumnya bertipe string. Pada contoh diatas, pitachar adalah ‘selamat’.CI & CC CI = Current Integer, CC = Current Character. CC menunjukkan sebuah karakter dalam pitachar. Sedangkan CI adalah ‘karakter ke-’ nya. contoh: CI := 1 ; CC:= pitachar[CI]; maka CC adalah ‘s’   START adalah procedure yang membuat mesin abstrak bekerja. START berfungsi menormalisasi nilai CI = 1. Dan CC = pitachar[CI]. Start tidak hanya dipakai pada awal program, tapi bisa ditempat lain juga.   ADV adalah procedure yang berfungsi membuat CI := CI +1; , sehingga CC terus berjalan dan membaca satu demi satu karakter dalam pitachar .

semoga mebantu ^_^
coba deh kalo output programnya gini
OUTPUT: DNA 1: ACGTGTCAG DNA 2 : ACGTGATAAG, kemiripan 76% ini aja deh, algoritma cari kemiripan dalam pascal?