Berbeda beda tapi tetap satu jua. Artinya kita sebagai bangsa mejemuk memiliki aneka ragam budaya, ras, suku, bahasa. Agar hal tetap terjaga kita harus menghormati satu sama lain.
Meskipun berbeda-beda tetapi tetap stu jua.artinya meskipun bangsa dan negara indonesia terdiri atas beraneka ragam suku bangsa dengan kebudayaan dan adat istiadat yang bermacam-2,keseluruhannya merupakan suatu persatuan,yaitu bangsa dan negara Indonesia
Semoga membntu dan jadikan q yang terbaik y

Jawabanmu

2014-04-26T18:24:49+07:00
2014-04-26T18:25:51+07:00
Bhineka Tunggal Ika adalah semboyan negara Indonesia yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Semboyan ini bermakna bahwa bangsa Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku bangsa, bahasa, agama, kepercayaan, adat-istiadat, budaya dan sebagainya namun tetap berada dalam satu wadah yaitu bangsa Indonesia. Semboyan ini bertujuan untuk menjaga kerukunan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Kata "bhineka tunggal ika" berasal dari bahasa sansekerta yang terdapat dalam kitab sutasoma karangan Empu Tantular pada masa kerajaan Majapahit. Bhineka artinya beraneka, tunggal artinya satu, dan ika artinya itu. Berdasarkan arti yang kaku, bhineka tunggal ika berarti beraneka macam tetapi hanya satu itu saja. Ini hanyalah arti kiasan saja namun memiliki makna yang sangat luas dan berperan sebagai pemersatu bangsa.