Permisi , saya mau tanya tentang Fisika. Jawaban dan kalo bisa pembahasan nya / caranya dari soal berikut, ada 10 nomor. Banyak poin ++ kalau sesuai dan jawabannya terbaik.
1. Sebuah roda menggelinding tanpa slip pada bidang datar. Roda tersebut menempuh jarak 10 meter dalam waktu 5 detik. Jika keliling tersebut 2 meter, maka laju rotasai roda adalah ...... phi rad/s.

2. Satuan (dalam SI) dari kuat medan magnet adalah ....

3. Dua buah vektor A dan B masing-masing memiliki besar 3 satuan dan 4 satuan. Kedua vektor membentuk sudut sebesar 30 derajat, maka besar A x B adalah ..... satuan.

4. Sebuah benda bergerak sepanjang sumbu x dengan persamaan posisi x(t)=( 18t(kuadrat) –t(pangkat 4) ) m untuk -4 <= t <=4 s. Posisi benda berhenti sesaat adalah ... x= .... m .

5. 10 detik setelah bergerak dari keadaan diam, sepeda motor 200 kg bergerak dengan kecepatan 30m/s menuju arah Timur. Impuls sepeda motor selama selang waktu 10 detik tersebut adalah ...... kgm/s ke arah ....

6. Sebuah proyektil 25 kg ditembakan secara vertikal dari permukaan tanah sehingga mencapai tinggi maksimum 4000 km. Jika gesekan udara diabaikan dan g=10m/s(kuadrat), maka energi kinetik total proyektil adalah ... Joule.

7. Sebuah berdiri digambarkan oleh Y= 0,080 sin(phi x) cos phi t. Posisi-posisi simpul adalah .... x= ...

8. Pegas bergetar dengan periode getaran 1 detik dan amplitudo 10 cm. Jika persamaan getarannya dapat dituliskan dalam bentuk y(t)=A cos wt, maka simpangan pegas pada saat t=0,25 detik adalah ..cm.
9. Arus yg mengalir pada hambatan 2 ohm adalah .. A
___#___
__#__a_| 4ohm |_b__
| 4ohm |___#___| |
| 2ohm |
|___________%__ __|
12 volt

10. Sebuah dawai panjang 1 m, jika dipetik maka terjadi nada dasar. Panjang gelombang pada dawai adalah ..... m

2
iyaw, doain ya, aku juga doain km jadi org paling pinter... good !! maju terus
lest try soal lagi di dasbord yu kak" banyak yang bisa ngasah pengetahuan disana
aamiin semoga lulus"
kakak orang mn?
aku medan
iya , nanti ya. kakak lagi belajar mat, fisika, english, tpa buat besok soalnya ujiannya.. :) lain kali mungkin, saya orang purwokerto.. amin amin.. salam kenal
lain kali saya tanya kamu lagi ya, kalo bisa ya belajar sama kamu, hehe. semoga km bisa soal utk anak kuliah, hahaha
tadi ada dicobai ke aku sebagian besar bisa.. tp yg jelas dicoba ja kak...pasti bisa...meski mumet2 dulu merangkak2 dulu toh pasti dpt...lha wong soal dibuat u dapat kok kak
hehe

Jawabanmu

2014-04-26T18:35:09+07:00
Mungkin nomor 3 gni/
Dik : A =3 satuan
        B =4 satuan
    sudut=60 derajat
Dit R? AxB?
R= \sqrt{A^{2}+ B^{2} *2.A.B.cos \alpha
R= \sqrt{3^{2}+ 4^{2} *2.(3).(4).cos 30 }
R= \sqrt{9+16*2.(3).(4).(1/2 \sqrt{3}
R= \sqrt{25*12 \sqrt{3}  
R= \sqrt{300 \sqrt{3}
R= \sqrt{100*3 \sqrt{3}  
R=10 \sqrt{3 \sqrt{3} satuan
oh iya, mau diralat..
yang di tanyakan perkalian AxB ya :)
maaf kalo no 3 saya baru nemu
maaf no 3 saya baru nemu
A • B = A B cos θ
A • B = 3 . 4 cos 30derajat
=12 1/2akar2= 6 akar 2
eh saya salah deng ,
a b c an nya.
a.6 satuan
b.5 akar 2 satuan
c.4 satuan
d.3 akar 2 satuan
e. 2 satuan
Jawaban paling cerdas!
2014-04-26T18:54:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Permisi , saya mau tanya tentang Fisika. Jawaban dan kalo bisa pembahasan nya / caranya dari soal berikut, ada 10 nomor. Bintang 5 kalau sesuai dan jawabannya terbaik.


1. Sebuah roda menggelinding tanpa slip pada bidang datar. Roda tersebut menempuh jarak 10 meter dalam waktu 5 detik. Jika keliling tersebut 2 meter, maka laju rotasai roda adalah ...... phi rad/s.
Diket :
s = 10 meter
t = 5 sekon
keliling roda = 2πr = 2 meter.....maka r = 2/(2π) = 1/π meter
Ditanya: ω
ω = v / r = (s/t) / r
ω = (10/5) / (1/π)
ω = 2π rad/s

2. Satuan (dalam SI) dari kuat medan magnet adalah .... (TESLA)

3. Dua buah vektor A dan B masing-masing memiliki besar 3 satuan dan 4 satuan. Kedua vektor membentuk sudut sebesar 30 derajat, maka besar A x B adalah ... satuan.
Diket:
A = 3 satuan
B = 4 satuan
Ф = 30°
Ditanya : A X B
A X B = ABsinФ  = (3)(4) sin30° = 12 .(1/2) = 6 satuan

4. Sebuah benda bergerak sepanjang sumbu x dengan persamaan posisi x(t)=( 18t(kuadrat) –t(pangkat 4) ) m untuk -4 <= t <=4 s. Posisi benda berhenti sesaat adalah ... x= .... m .
Diket :
X(t) = (18t² - t⁴) meter
Ditanya : posisi berhenti (V=0) yg waktunya antara  -4 ≤ t ≤ 4 sekon
jawab:

X(t) = (18t² - t⁴) meter
V(t) = dx/dt = d(
18t² - t⁴)/dt
V(t) = 36t - 4t³ = 0
4t ( 9 - t² ) = 0
t= 0 dan t² = 9, t =⁺₋√9 = ⁺₋ 3
t = -3 (tidak memenuhi , krn tak ada waktu mundur atau minus)
t= 3 sekon (memenuhi)
jadi
X(t) =
(18t² - t⁴) meter
X(3) =(18(3)² - (3)⁴) meter
X(t) = 81 meter

5. 10 detik setelah bergerak dari keadaan diam, sepeda motor 200 kg bergerak dengan kecepatan 30m/s menuju arah Timur. Impuls sepeda motor selama selang waktu 10 detik tersebut adalah ...... kgm/s ke arah ....
Diket :
t = 10 sekon
m = 200 kg
v = 30 m/s(ketimur)
Ditanya:  I (impuls) dan arahnya
I = F Δt = m Δv
I =  (200 kg) ( 30 m/s) = 2000 kg m s⁻¹

6. Sebuah proyektil 25 kg ditembakan secara vertikal dari permukaan tanah sehingga mencapai tinggi maksimum 4000 km. Jika gesekan udara diabaikan dan g=10m/s(kuadrat), maka energi kinetik total proyektil adalah ... Joule.
Diket :
h = 4000 km = 4.10⁶ meter ( maximum , jadi Vt = 0 )
m = 25 kg
g = 10 m/s²
Ditanya : Ek
jadi Ek = Ep  = m g h = 25 .10 .4.10⁶ = 1.10⁹ joule

7. Sebuah berdiri digambarkan oleh Y= 0,080 sin(phi x) cos phi t. Posisi-posisi simpul adalah .... x= ... ( yang ini agak ragu karena satuannya gak ada dan satu lagi  kok x=?? ini y mungkin??) tap nggak apa!! :)
Diket :
Y= 0,080 sinπx cosπt ( tali ujung terikat)
Ditanya : posisi - posisi simpul
Y= 0,080 sinπx cosπt
kx = πx
k = π
2π / λ = π
λ = 2 meter

Posisi simpul pertama adalah di nol meter, x S1 = 0 meter
simpul kedua = 1/2 λ = 1 meter
dan seterusnya

8. Pegas bergetar dengan periode getaran 1 detik dan amplitudo 10 cm. Jika persamaan getarannya dapat dituliskan dalam bentuk y(t)=A cos wt, maka simpangan pegas pada saat t=0,25 detik adalah ..cm.
Diket :
y(t)=A cos wt,
y(0,25) = 10 cos (2π/T) t
 Ditanya : Y
 
y(1/4) = 10 cos (2π/T) t
y = 10 cos (2π/1).(1/4)
y(1/4) = 10 cos π/2
y(0,25) = 10 (0) = 0

9. Arus yg mengalir pada hambatan 2 ohm adalah .. A 
            ___#___ 
__#__a_| 4ohm |_b__ 
| 4ohm |___#___|      | 
|             2ohm         | 
|___________%__ __| 
                 12 volt 


Diket : spt GBR(#keren gambarnya :D :D , kreatif)
Ditanya : I pada dua ohm ,saya misalkan I₂ sedangkan pd 4 ohm yg paralel I₄
jawab:
1/Rp = 1/4 +1/2 = 1/4 + 2/4
Rp = 4/3 ohm
Rtotal = 4/3 + 4 = 16/3 ohm

Vtotal = Itotal x Rtotal
Itotal = 12/(16/3) = 9/4 Ampere

perhatikan rangkaian paralel:
V₂ = V₄
I₂ x R₂ = I₄ x R₄
I₄ =
( I₂ x R₂ )/  R₄ =  2/4 I₂ = 1/2 I₂
I₄ = 1/2 I₂

I₂ + I₄ = Itotal = 9/4
I₂ + 1/2 I₂ = 9/4
3/2 I₂ = 9/4
I₂ = 3/2 Ampere atau I₂ =1,5 ampere


10. Sebuah dawai panjang 1 m, jika dipetik maka terjadi nada dasar. Panjang gelombang pada dawai adalah ..... m

Diket :
f =  V /(2L)  ...............V = λ f <=> f = V/λ
V/λ = V/ (2L)
λ = 2L = 2.1 = 2 meter


















c. 10 pangkat 5
d. 10 pangkat 8
e. 10 pangkat 4
@Raehan : Kamu kelas berapa? Kok cerdas banget ._.
maaf banget ya raehan, ternyata no.7 salah soal harusnya
Y= 0,080 sin(phi x) 20 cos phi t
ya...kalo salah soal sih jadi salah kak semuanya sampe bawah2 ...
oh ya kalo no enam cona kakak teliti soal soal nya lagi kak..
dan siapa tau saya dalam mengubah satuannya dr km ke m nya slah..
maaf kak baru liat..
kapan2 kakak posting optionnya ya kak, biar lebih gampang milih nya..
:)