a) Gema adalah bunyi pantul yang terdengar beberapa saat setelah bunyi asli. dan akan terjadi jika dinding pemantul saling berjauhan. dan bunyi pantul ini memerlukan waktu untuk bolak-balik. ini terjadi jika kita berteriak digua-gua atau tebing yang tinggi.
b) Gaung atau kerdam adalah bunyi pantul dimana bunyi pantul tersebut hanya terdengar sebagian bersamaan dengan bunyi asli.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-26T14:19:19+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
A) Gema adalah bunyi pantul yang terdengar beberapa saat setelah bunyi asli. dan akan terjadi jika dinding pemantul saling berjauhan. dan bunyi pantul ini memerlukan waktu untuk bolak-balik. ini terjadi jika kita berteriak digua-gua atau tebing yang tinggi.
b) Gaung atau kerdam adalah bunyi pantul dimana bunyi pantul tersebut hanya terdengar sebagian bersamaan dengan bunyi asli.

berteriak dengan bunyi pantul akhir itu namanya gaung.. contoh, hai.. maka pantulannya aiii
berteriak dengan bunyi pantul semua itu namanya gema.. contoh, hai.. maka pantulannya hai hai hai

yang menyebabkan ini adalah jarak antara gelombang suara dengan sebuah benda yang dapat memantulkan suara
1 5 1
2014-04-26T14:19:49+07:00
Kita definisikan dahulu apa itu gema dan gaung (kerdam) 
a) Gema adalah bunyi pantul yang terdengar beberapa saat setelah bunyi asli. dan akan terjadi jika dinding pemantul saling berjauhan. dan bunyi pantul ini memerlukan waktu untuk bolak-balik. ini terjadi jika kita berteriak digua-gua atau tebing yang tinggi. 
b) Gaung atau kerdam adalah bunyi pantul dimana bunyi pantul tersebut hanya terdengar sebagian bersamaan dengan bunyi asli. 

jadi perbedaanya :
1. bunyi pantul yang terdengar yaitu setelah bunyi asli atau bersamaan. 

2. jarak dinding pemantul.