Jawabanmu

2014-04-26T10:52:04+07:00
U3  = ar² = 12 dan U1 = a = 27

      ar² = 12
     27r² = 12
         r² = 12/27
            = 4/9
            = (2/3)²
         r  = 2/3
barisan geometrinya a, ar, ar²,ar³ atau 27, 27 x 2/3 , 12, 27 x (2/3)²
                                                 atau 27,18, 12, 8
jumlah usia ke empat anak 27 + 18 + 12 + 8 = 65 tahun
2 4 2
Jawaban paling cerdas!
2014-04-26T19:26:18+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
sebuah keluarga mempunyai 4 orang anak yang masing masing usianya membentuk barisan geometri. usia anak pertama 27 tahun dan usia anak ke tiga 12 tahun. jumlah usia keempat anaknya adalah...
Jawaban :
Rumus Umum :
U_{n} = a.r^{(n-1)}

Maka Untuk anak pertama :
U_{1} = a.r^{(1-1)} = 27

U_{1} = a = 27

Untuk anak ketiga :
U_{3} = a.r^{(3-1)} = 12

U_{3} = a.r^{2} = 12

Maka Untuk nilai rasio (r), subtitusi data suku pertama ke suku ke tiga :

a.r^{2} = 12\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,[masukkan\,\,nilai\,\,"a"]

27.r^{2} = 12

r^{2} =  \frac{12}{27}\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,\,[masing-masing\,\,bagi\,\,3],sehingga:

r^{2} =  \frac{4}{9}

r =  \sqrt{ \frac{4}{9}}

r = \frac{2}{3}

Jadi Untuk nilai a = 27 dan r = 2/3

⇒Maka Untuk Anak kedua :
U_{n} = a.r^{(n-1)}

U_{2} = 27.( \frac{2}{3} )^{(2-1)}

U_{2} = 27.( \frac{2}{3} )

U_{2} = 18

Jadi untuk anak ke-2 umurnya 18 tahun

⇒Maka Untuk Anak keempat :
U_{n} = a.r^{(n-1)}

U_{4} = 27.( \frac{2}{3} )^{(4-1)}

U_{4} = 27.( \frac{2}{3} )^{3}

U_{4} = 27.( \frac{8}{27} )

U_{4} = 8

Jadi Untuk anak ke-4 umurnya 8 tahun

Sehingga Untuk jumlah ke-empat umur anak tersebut ialah :
= U1 + U2 + U3 + U4
= 27 + 18 + 12 + 8
= 65 tahun

7 3 7
Jadikan yg terbaik ya, dengan memberi label terbaik :)