Jumlah Kalor

Jika
kalor jenis es = 2100 J/kg°C,
kalor lebur es = 340000J/kg,
kalor jenis air 4200 J/kg
°C,
kalor uap air 2260000 J/kg,
dan massanya 300 gram,

maka jumlah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu pada proses Q-R-S adalah?


2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-26T00:55:16+07:00
Pertama mencari kalor untuk menaikkan suhu mjd 0 derajat (P-Q)
Q = m . c es . delta t
= 0,3 . 2100 . 10
= 6300 J

Kedua mencari kalor untuk meleburkan es menjadi air (Q-R)
Q = m . L
= 0,3 . 340000
= 102.000 J

Ketiga mencari kalor untuk menajaaikkan suhu ke 100 derajat (R-S)
Q = m . c air . delta t
= 0,3 . 4200 . 100
= 126.000 J

Keempat menari kalor untuk mengubah air mjd uap (S-T)
Q = m. U
= 0,3 . 2260000
= 678.000 J

Jika yang ditanyakan adalah jumlah kalor pada proses Q-R-S, maka total kalor = 102.000 + 126.000 + 678.000 = 906.000 J / 906 KJ
7 4 7
Oiya maaf ud ngantuk soalnya
Oiya maaf ud ngantuk soalnya
gapapa thanks ya :D
Mungkin 126.000+102.000 = 228000 / 1000 = 228 .. Adagak?
pilihannya ada 228000J kok :) jadi sama aja sama 228KJ
2014-04-26T01:39:20+07:00
Stuju dgn ini Pertama mencari kalor untuk menaikkan suhu mjd 0 derajat (P-Q) Q = m . c es . delta t = 0,3 . 2100 . 10 = 6300 J Kedua mencari kalor untuk meleburkan es menjadi air (Q-R) Q = m . L = 0,3 . 340000 = 102.000 J Ketiga mencari kalor untuk menajaaikkan suhu ke 100 derajat (R-S) Q = m . c air . delta t = 0,3 . 4200 . 100 = 126.000 J Keempat menari kalor untuk mengubah air mjd uap (S-T) Q = m. U = 0,3 . 2260000 = 678.000 J Jika yang ditanyakan adalah jumlah kalor pada proses Q-R-S, maka total kalor = 102.000 + 126.000 + 678.000 = 906.000 J / 906 KJ