Sebuah termometer X menggunakan skala pengukuran dengan
titik beku air -10°X dan titik didih air +80°X.
Jika termometer tersebut menunjukkan nilai 5°X,
nilai suhu tersebut dalam skala Fahrenheit adalah?

( Gambar termometer di pertanyaan) jawab ya pliss

2
ok..
syarat nya ntar jdkan yg terbaik ya...
hehe #ngarep
ya oke bisa diatuur
hahaha...#ngaturnya kek mana kak?
manggil jin lah yang kaya di iklan
hahaha...
bentar ya kak...
ini lg ngetik nya, dijamin 100% maknyos, nggak perlu pake jin2 an
:))))

Jawabanmu

2014-04-26T00:07:32+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Sebuah termometer X menggunakan skala pengukuran dengan
 titik beku air -10°X dan titik didih air +80°X.
Jika termometer tersebut menunjukkan nilai 5°X,
nilai suhu tersebut dalam skala Fahrenheit adalah?

Diket :
Tbx = -10
Tdx = 80
TbF = 32
TdF = 212
Tx = 5
Ditanya : TF
jawab:
(TF - TbF)/(TdF - TbF) = (Tx - Tbx)/(Tdx - Tbx)

(TF - 32)/(212 - 32) = (5 - (-10))/(80 - (-10))

(TF - 32)/(180) = (15)/(90)
90(TF - 32) = 15 x 180
(TF - 32) = 15 x 180 /90 = 15x2 = 30
TF - 32 = 30
TF = 30 + 32 = 62°F



Jawaban paling cerdas!
2014-04-26T03:11:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Diketahui : tta X = 80°X
                 ttb X = -10°X
                     tx = 5°X
                 tta F = 212°F
                 ttb F = 32°F

Ditanyakan : tF

Penyelesaian : X = F

                       \frac{tta-ttb}{tta-tx} =  \frac{tta- ttb}{tta- tF}

                       \frac{80 - (-10)}{80-5} =  \frac{212-32}{212-F}

                       \frac{80 + 10}{80 - 5}  =  \frac{212 - 32}{212 - F}

                       \frac{90}{75} =  \frac{180}{212-F}

                      90 . (212 - F) = 180 . 75
                               212 - F = 2 . 75
                               212 - F = 150
                                       F = 212 - 150
                                       F = 62


Jadi, jawabannya adalah 62°F

Keterangan : tta = titik tetap atas
                    ttb = titik tetap bawah
                     tx = Skala yang ditunjukkan oleh termometer X
                     tF = Skala yang diunjukkan oleh termometer Fahrenheit
Semoga membantu, tandai sebagai jawaban terbaik ya :)
Thanks :)