1. sebuah bayangan tampak lebih kecil jika benda ditempatkan 21 cmdidepan lensa cembung. jika ditempatkan pada jarak 19 cm, bayangan tampak sedikit lebih besar daripada bendanya. jarak fokus lensa yang digunakan kira-kira ???

2. sebuah benda ditempatkan 5 cm dari lensa cembung yang fokusnya 10 cm. bila tinggi benda 4 cm, tinggi bayangnya adalah ???

3. sebuah benda terletak pada jarak 30 cm dari lensa cembung yang titik fokusnya berjarak 20 cm. letak bayangnya adalah ???
buat diketahui,ditnya ,dan cara penelesaianna ya .
pliss tolong bantu :)

2

Jawabanmu

2014-04-25T22:52:44+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1.) maaf ya aku gak tau hehehe
2.) Dik= s0=5 cm
             f=10
            h0=4 cm
    Dit= h1
    Jwb= 1/s1= 1/f - 1/so
             s1=-10
             s1/s0 = h1/h0
             h1= 4*-10/5
                    = 8 cm
3.) Dik= So=30 cm
             f=20 cm
     Dit=s1
    jwb= i/s1=1/f - 1/so
           s1= 60 cm
Jawaban paling cerdas!
2014-04-25T22:53:12+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. sebuah bayangan tampak lebih kecil jika benda ditempatkan 21 cmdidepan lensa cembung. jika ditempatkan pada jarak 19 cm, bayangan tampak sedikit lebih besar daripada bendanya. jarak fokus lensa yang digunakan kira-kira ???
penyelesaian:
diket:
s= 21 cm
s'= 19 cm
ditanya: f(perkiraan)
1/f = 1/s + 1/s'
1/f = 1/21 + 1/19
1/f = 19/399 + 21/399
1/f = 40 / 399
f= 399/40 = 9,975 cm
jadi fokusnya antara 9 cm s/d 10 cm

2. sebuah benda ditempatkan 5 cm dari lensa cembung yang fokusnya 10 cm. bila tinggi benda        4 cm, tinggi bayangnya adalah ???
penyelesaian:
diket:
s= 5cm
f= 10 cm
h = 4 cm
ditanya : h'
jawab:
1/f = 1/s + 1/s'
1/s' = 1/f - 1/s
1/s' = 1/10 - 1/5
1/s' = 1/10 - 2/10
1/s' = -1/10
s' = -10 cm
s' = 10 cm (maya)

M = | h'/h | = |-s'/s|
h' = s'/s x h
h' = 10/5 x 4 = 8 cm

3. sebuah benda terletak pada jarak 30 cm dari lensa cembung yang titik fokusnya berjarak 20 cm. letak bayangnya adalah ???

penyelesaian:
diket :
s= 30 cm
f= 20 cm
ditanya : s'
1/s' = 1/f - 1/s
1/s' = 1/20 - 1/30
1/s' = 3/60 - 2/60
1/s' = 1/60
s' = 60 cm
oh ya mbak jadikan terbaik ya...
#ngosngosanjuga
hehe
makasih :)
sama2 mbak
kak yang nomor 3 itu jawabnnya ada 2 . 60 cm didepan lensa apa 60 di belakang lensa ? buat penjelasannya ya kak