Sebutkan tugas dan fungsi Tentara Nasional Indonesia dan Polisi Republik Indonesia

2
tugas nya yaitu untuk melindungi dan mempertahankan daerah indonesia
fungsi nya yaitu untuk membela tanah air jika ada teroris yg datang dari luar yg tak bisa polisi tangani

Jawabanmu

2014-01-22T18:27:23+07:00
Tuga/fungsi TNI
1.mempertahankan kedaulatan negara dan keutuhan wilayah.
2. melindungi kehormatan dan keselamatan bangsa.
3.melaksanakan operasi militer selain perang.
4. ikut serta secara aktif dalam tugas pemeliharaan perdamaian regional dan internasional.(pasal 10 ayat3 no.3 tahun 2002
3 4 3
Jawaban paling cerdas!
2014-01-22T18:29:39+07:00
TNI sebagai alat pertahanan negara, berfungsi sebagai;penangkal terhadap setiap bentuk ancaman militer dan ancaman bersenjata dari luar dan dalam negeri terhadap kedaulatan, keutuhan wilayah, dan keselamatan bangsa;penindak terhadap setiap bentuk ancaman sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf a; danpemulih terhadap kondisi keamanan negara yang terganggu akibat kekacauan keamanan.Tugas pokok TNI adalah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Fungsi POLISI RI
sebagai alat Negara yang menjaga kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) yang bertugas melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta menegakkan hukum yaitu sebagai salah satu fungsi pemerintahan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyrakat yang diperoleh secara atributif melalui ketentuan Undang-UndangĀ 

Tugas:
a. memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat;
b. menegakkan hukum; dan
c. memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat

4 3 4