1 . jari-jari cermin cekung adalah 8 cm. agar terbentuk bayangan maya yang tingginya 4 kali tinggi benda, maka benda harus diletakkan di depan cermin cekung sejauh ... ???



2. sebuah benda diletakkkan 15 cm di depan lensa cembung yang memiliki
jari-jari kelengkungan 20cm. jarak bayanagn dan sifat bayangan yang terbentuk adalah ???



3. daya lensa cembung yang memiliki jari-jari kelengkunagn 1m adalah ???



buat diketahui,ditanya,dan di jwb ya ?

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-25T22:19:09+07:00
1. 20 cm otak atik rumus 1/f=1/s1+1/s0
2. S1=30 cm , bayangan nyata,terbalik,diperbesar
3, 2 dioptri pakai rumus P=1/f, semoga membenatu :D
2014-04-26T05:00:04+07:00
1/f = 1/So+1/Si

1.
dik : f = 8/4 = 2cm, M = 4, Si : So = 4 : 1
dit : Si
dij:
1/4 = 1/4x + 1/x = 1/4x + 4/4x = 5/4x
4 = 4x/5
4x = 4.5 = 20
x = 20/4 = 5

Si = 4.5 = 20cm

2.
dik: f = 20/2 = 10cm, So = 15cm, f cembung (-)
dit : Si, sifat
dij:
1/Si = -1/10 - 1/15 = -3/30 = 2/30 = -5/30 = -1/6
Si = 6cm

sifat = maya, tegak, diperkecil

3.
dik : f = 100/2 = 50cm
dit : p
dij :
p = 1/f = 1/50 = 2/100
p = 0,02