Jawabanmu

2014-04-25T21:33:27+07:00
Karena kata netherland itu berasal dari bahasa inggris. dan orang indonesia selalu menyebutnya belanda. begitu soob (Y)
2 4 2
2014-04-25T21:33:34+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Ada juga yang berpendapat karena orang-orang Belanda menyebut nama negara mereka dengan Netherlands, dan lebih terkenal dengan sebutan Holland (sebetulnya Holland hanyalah beberapa provinsi di Netherlands saja tapi namanya lebih dominan karena daerahnya lebih maju), maka orangnya disebut Hollander. Di telinga orang Indonesia, istilah ini menjadi berubah menjadi Belanda. Kemudian ada juga pendapat lain yang menyatakan bahwa kepopuleran istilah Belanda di Indonesia diawali oleh peristiwa Mudzakrah ulama se-rumpun Melayu di tahun 1650 M di Pagar Alam, dekat Palembang, yang mempopulerkan istilah Belanda yang berasal dari kata belahnde (belah = memecah, nde = keluarga), maksudnya istilah bagi penjajah Indonesia di waktu itu.
Sementara disekitar tempat terjadinya peristiwa Mudzakarah, dinamai semende, yang bermakna satu keluarga (seme = same = sama = satu; nde = keluarga), yang merupakan lawan dari kata Belanda.


Adapun makna kata Belanda, berasal dari kata belahnde (belah = memecah, nde = keluarga).

Dan dengan menyebarnya, istilah Belanda ke seluruh pelosok Nusantara, menjadikan bukti bahwa hasil Mudzakarah tahun 1650M telah menjadi satu “Konsensus Nasional“.

Sementara disekitar tempat terjadinya peristiwa Mudzakarah, dinamai semende, yang bermakna satu keluarga (seme = same = sama = satu; nde = keluarga), yang merupakan lawan dari kata Belanda.
Makasi ^.^ salam kenal

saya pengguna baruu!