Jawabanmu

2014-01-22T18:02:23+07:00
Mengolah berbagai makanan dengan bahan makanan lain selain beras yang masih memiliki karbohidrat untuk pencukupan energi seperti kentang, ketela, sagu, dll.
Tentu saja kita juga harus melestarikan tumbuhan tersebut, agar semakin tercukupi :)
Semoga betul ^^


Jawaban paling cerdas!
2014-01-22T18:05:49+07:00
Negara kita(Indonesia) yang kata orang adalah tanah surga telah tersedia banyak sekali bahan pokok lain yang dapat dikembangkan seperti seperti singkong, garut, gembili, kesuwek, dll. yang mudah hidup dan di budidayakan.

Menurut hemat penulis, minimal ada dua hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi konsumsi beras demi ketahanan pangan kita:

1.perlu adanya gerakan massif mengubah maindset dalam masyarakat tentang makanan pokok.Anggapan bahwa makanan pokok hanya nasi/beras harus diganti dengan banyaknya alternatif produk pangan nonberas yang bisa menggantikan fungsi nasi/beras sebagai makanan pokok. Ini bisa dilakukan dengan adanya sosialisasi dan pengembangan pengolahan pascapanen bahan pangan nonberas yang melibatkan masyarakat.
 
2.
adanya kebijakan nasional/lokal untuk memperkuat makanan pokok alternatif masyarakat di wilayah masing-masing atau mengurangi konsumsi beras.


1 5 1