Jawabanmu

2014-04-25T19:18:39+07:00
Saya juga ingin bertannya tentang soal itu

Haha Sama" Kayak Akuu? Sebenarnya Saya Sudah Mengerjakan Tapi Saya Belum Percaya Bener Atau Salah Makanya Saya Tanya ?
Jawaban paling cerdas!
2014-04-25T22:29:50+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Begini, ini bisa dilakukan dengan cara analisa titrimetri (metode titrasi)
dari ketiga garam tersebut terdapat Na, itulah mengapa ketiga ion tersebut terlarut baik dalam air...
analisa konsentrasi nya dilakukan dengan mengendapkan satu demi satu  larutan dengan menggantiion Na+ dengan ion logam lain yang bisa mengendapkan.... paham?
nah kita tidakmelihat ion Na+ nya karena dia sangat larutdalam air, sehingga yang kita endapkan  adalah ion negatifnya,.,,

dari ketiga tersebut, yg palingmudah diendapkan adalah Na2CO3 atau  ion CO3-2
dalam campuran  tersebut bisa dititrtasi  dg senyawa Ca(NO3)2, sehingga terjadi reaksi
Ca(NO3)2 (aq) +  Na2CO3 (aq)-->CaCO3 (s) + 2NaNO3 (aq)
titrasi terus hingga  tidak lagi terbentuk  endapan. nah massa endapanCaCO3 yang didapat bisa dipisahkan, ditimbang, laludihitung massanya. paham?
terushitung  mol CaCO3 (endapan), dengan gram/Mr, kemudianlihat koefisien Na2CO3 dan CaCO3kan  sama, shg mol CaCO3 = Na2CO3, shg M Na2CO3 = mol/volumecampuran, paham?

terus yang  kedua  adalah bikarbonat, ini sulit  diendapkan,butuh  pemanasan...
sehingga tambahkan Ca(NO3)2 lagi sambil di  didihkan, akan terbentuk CaCO3 lagi...
reaksinya ; 
Ca(NO3)2 (aq) + 2 NaHCO3 (aq) + Kalor --> CaCO3(s) + 2NaNO3 (aq) + H2 (g)

nah, dari sini anda timbang  endapan CaCO3 dan hitung mol nya. tapi amati, kali beda mol NaHCO3 = 2xmolCaCO3  jangan salah...so...konsentrasi bisa didapat dari  M=mol/Vcampuran...paham?

yang terakhir yang  paling  sulit dipisahkan adalah  NaOH, eits tenang... OH disinibisa diendapkan  dg menambah  AgNO3 (titrasi sampai tidak ada endapan lagi)
reaksi 
AgNO3(aq) +  NaOH  (aq)--> AgOH  (s) + NaNO3 (aq)

nahtimbang  endapan AgOH hitung molnya,koef  kan  sama dg  NaOH, mol sama...
hitung M = mol/vol campuran


smg membantu
Ohh Yaaa Kakak Sebelumnya Terimah Kasih ? Tapi Boleh Minta Bantuannya Yaaa ?
Kalau Contoh Soalnya Kayak Gimana Yaaa ? Butuh Bantuannya ?
silakan... soalnya kabanyakan memang eksperimen,,, karena soal2 kayak begitu mustahil secara teoritikal dikerjakan, karena tidak diketahui %-nya masing2 berarti kita harus melakukan eksperimen untuk mendapatkanya...

kalo soal begini : jika terdapat NaOH, NaHCO₃, Dan Na₂CO₃ sebanyak 100 mL. Hitunglah kemolaran dari masing-masing komponen!

soal seperti ini mutlak dengan eksperimen...
smg membantu