Jawabanmu

2014-04-25T19:12:55+07:00
Karena di lahan minyak indonesia semakin berkurang 
4 4 4
Jawaban paling cerdas!
2014-04-25T19:15:40+07:00
Kenapa keluar dari OPEC ? Secara prinsip opec adlh organisasi bagi pengEKSPOR yg berkepentingan menjaga agar harga minyak tidak terlalu rendah/MURAH.Sedangkan posisi Indonesia saat ini yg terpaksa harus mengIMPOR minyak tentu berlawanan keinginan dengan OPEC.Opec ingin harga MAHAL Indonesia sebagai konsumen tentu ingin harga MURAH. 2.Untuk menghemat devisa.Tiap tahun anggota2 organisasi ini harus membayar iuran sebesar $1 juta.Dengan keluar dari OPEC pemerintah menghemat dana ini,selanjutnya bisa digunakan untuk keperluan lain2.Indonesia memang diharapkan masuk kembali menjadi anggota OPEC kelak bila hasil lifting minyak bumi mencapai 2 juta bph sehingga bisa mengekspor minyak dan mendapat laba untuk menutup iuran anggota tahunan.
Masalah kontraktor minyak asing sudah terlalu rumit untuk diurai.Ini karena tidak hanya melibatkan kerjasama antar perusahaan saja tapi termasuk pula kontrak kerjasama antar negara.
3 5 3