Tolong DiBantu dong. KIMIA kelas XI
BAB.( Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan)
CATATAN : SAYA MOHON BANTUANNYA .... JANGAN CUMAN NYARI POIN.

1. Tulislah hubungan kelarutan dengan tetapan hasil kali learutan untuk elektrolit
Ni3(AsO4)2

2. Kelarutan magnesium oksalat, MgC2O4, dalam air sebesar 0,0093 mol L^-1.. Hitunglah Ksp magnesium oksalat itu. (Ar O=16, C=12, Mg=24)

Mohon Bantuannya :'(

2

Jawabanmu

2014-04-25T19:51:25+07:00
Saya mencoba menjawab 1. Ni3(AsO4)2 --> 3Ni2+ dan 2AsO43- maka, kspnya adalah [3Ni]^3 [2AsO4]2 2. MgC2O4 --> Mg2+ dan C2O42- maka ksp nya [Mg2+][C2O42-] anggap kelarutannya 's' jadi kspnya sama dengan s^2 dengan memasukkan s = 9,3 X 10^4 dapat di peroleh kspnya = 86,49 X 10^8 oh iya, mmgx kalo dpt poin knp???
no 1 iya tepat sekali
"( oh iya, mmgx kalo dpt poin knp??? )"
maksudnya gini.
di Brainly inikan minimal 2 orang ajj yg bisa jawabtuh .

Kadang ada beberapa Orang ( orang orang yang cuman nyari poin) Cuman Jawab .
"( Maaf aku g ngerti ama Pertanyaanmu )" atau
"( Cari Ajja di Mbah Google mba :D )"
cuman dengan menjawab seperti itu mereka udah dapat Poin..
"(Inilah kekurangan Branly)"
yang nomer dua itu sama dengan no 1 hanya saja dimasukkan konsentrasinya yg dilambangkan dengan s. kan tadi kelarutannya itu 0,0096 kan.sama.dengan 9,3.10^-3 lalu d kuadratkan. seprtinya jawab awal saya salah, harusnya 86,49.10^-6 hehe
ooowh begono heeh heeh heeh
(0,0093)^2.
oh langsung dikuadrattin ajj yah.
terus (Ar O=16, C=12, Mg=24) nya g di apa" kan kah?
Jawaban paling cerdas!
2014-04-25T22:11:27+07:00
Dik tetapan hasil kali kelarutan Mg(OH)2 = 2 x 10^-12. tentukan kelarutan Mg(OH)2 dalam larutan dengan pH=11.

pH = 11
pOH = 3
[OH^-] = 1 x 10^3 mol L^-1

Mg(OH)2 akan larut hingga terjadi larutan jenuh;
misalkan kelarutan Mg(OH)2 = x mol L^1

Mg(OH)2 (s) <===> Mg^2+ (aq) + 2OH^- (aq)
x.................................x...............2x

Konsentrasi ion OH^- dalam larutan = ( 1 x 10^-3 ) + 2x. substitusi dat ini ke dalam persamaan tetapan kesetimbangan Mg(OH)2 menghaslkan persamaan sebagai berikut..

[Mg^2+] . [OH^-]^2 = Ksp Mg(OH)2
(x) {( 1 x 10^-3 ) + 2x )}^2 = 2 x 10^-12
(x) (1x10^-3)^2                   = 2 x 10^-12
x                                      = 2 x 10^-6

jadi, kelarutan Mg(OH)2 dalam larutan dengan pH=11 adalaah.
2 x 10^-6 mol L^-1

CATATAN :
dik Tetapan hasil kali kelarutan Mg(OH)2 = 2 x 10^-12.












1 5 1