alami dan buatan
Secara umum ada tiga tipe ekosistem, yaitu ekositem air, ekosisten darat, dan ekosistem buatan.
1.ekosistem darat terdiri dari BIoma tundra,bioma taiga,bioma hutan gugur,bioma gurun ,bioma hutan teropis
2. ekosestem air tawar terdiri dari plankton,nekton,neuston,perifiton,bentos 3.ekosistem air lau .maaf cmn ni yg bisa aku jawab jika salah maaf yah

Jawabanmu

2014-04-25T15:46:48+07:00
Ekosistem adalah sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik.
ekosistem dibagi 2 yaitu ekosistem alami dan ekositem buatan
ekosistem alami dan ekosistem buatan.
Jawaban paling cerdas!
2014-04-25T15:50:39+07:00
Tipe-tipe Ekosistem
1. Ekosistem akuatik (air)
a. Ekosistem air tawar
1) Ekosistem air tawar Lotik : airnya berarus, berarti airnya senantiasa mengalir. Contoh dari ekosistem air tawar lotik sering kita jumpai di sekitar kita. Misalnya : Sungai, dan selokan.
2) Ekosistem air tawar lentik : airnya tidak berarus, ini berarti airnya tidak mengalir. Contohnya : Danau, rawa air tawar, kolam, rawa gambut
Ekosistem danau dan kolam terdiri dari 3 wilayah horizontal yaitu :
a) Wilayah Litoral adalah merupakan wilayah perairan dangkal di sepanjang tepi danau dan kolam. Contohnya : Hydrylla, Hydra, capung, katak, burung, dan tikus.
b) Wilayah Limnetik adalah wilayah perairan terbuka yang masih bisa di tembus oleh cahaya matahari. Contohnya : Zooplankton dan Fitoplankton.
c) Wilayah Profundal adalah daerah yang dalam, dengan berbagai jenis dekomposer pada bagian dasarnya.
b) Ekosistem Pantai Pasir
Ekosistem dengan deburan ombak yang konstan dan terkena paparan cahaya matahari selama 12 jam. Vegetasi ada yang berbentuk terna atau membentuk perdu atau pohon. Terna adalah tumbuhan berbiji yang memiliki batang lunak dan tidak berkayu, misalnya rumput, kangkung, dan pisang.
c) Ekosistem Pantai Batu
Tersusun dari komponen abiotik berupa batu-batuan kecil maupun bongkahan batu yang besar. Organisme yang terdapat pada pantai batu seperti ganggang Eucheuma dan Sargassum.
b. Ekosistem Laut
c. Ekosistem Darat
1) Hutan Hujan Tropis
a) Terdapat di wilayah khatulistiwa
b) Temperatur tinggi (rata-rata 25 0c)
c) Curah hujan tinggi 200-450 cm per tahun
d) Pohon tinggi dan rimbun (kanopi)
e) Jenis tumbuhan sangat beragam termasuk tumbuhan paku dan anggrek.
f) Hewan pada hutan hujan tropis di indonesia antara lain : berbagai jenis serangga dan burung, dan harimau.
Savana,padang rumput,gurun
Hutan gugur,tundra
Ekosistem buatan
Contoh : bendungan, sawah tadah hujan, sawah irigasi, perkebunan sawit, dll.





3 4 3