Jawabanmu

2014-04-25T08:09:22+07:00
Masuknya Islam melalui pengajaran, misalnya pendidikan yang diselenggarakan oleh ulama-ulama di pondok pesantren. Lembaga pendidikan tersebut mudah diterima oleh masyarakat Nusantara waktu itu, karena sistemnya tidak jauh berbeda dari lembaga pendidikan yang dikelola oleh para biksu pada masa sebelumnya. Pesantren-pesantren banyak menarik perhatian masyarakat, termasuk yang belum memeluk agam Islam, karena ulama-ulama pemimpin pesantren dipandang sebagai orang-orang terpelajar, santun, dan suka menolong.       Melaui pondok pesantren para ustaz menyampaikan ajaran-ajaran Islam.dengan didirikannya pondok pesantren di wilayah Nusantara, ajaran-ajaran Islam dapat disebarluaskan melaui para santri-santrinya yang sudah lulus. Sehingga agam Islam dapat berkembang dengan pesat di wilayah Nusantara. Selain pondok pesantren pengajaran agama Islam juga melalui madrasah-madrsah yang marak didirikan di seluruh wilayah Nusantara.
2014-04-25T08:10:54+07:00
Melalui pendidikan :
Selain cara yang dijelaskan diatas, para pedagang dari Timur Tengah mengemban misi penyebaran agama Islam melalui pengajian, yaitu dengan membuka lembaga-lembaga pendidikan keagamaan yang selanjutnya dinamakan lembaga pendidikan pesantren. Perkembangan selanjutnya lembaga-lembaga pendidikan Islam atau organisasi keagamaan ini banyak ditemui di tanah air, seperti Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persatuan Islam (Persis), Persatuan Umat Islam (PUI), dan Persatuan Tarbiyah (Perti).
Melalui proses pengkaderan atau penggodokan itulah, muncul para ulama-ulama yang ahli dalama bidang agama islam. Para ulama yang telah memperoleh pendidikan tersebut, kemudian menyebarkan dan menjadi ujung tombak dalam ikut menyebarkan agama Islam. Semua kalangan menjadi garapannya, mulai kaum atas, hingga rakyat biasa.

semoga membantu ^_^

1 3 1