Jawabanmu

2014-04-25T08:06:57+07:00
3072 adalah suku ke 11 dengan rasio 2
1 5 1
Jawaban paling cerdas!
2014-04-25T11:33:04+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Soal :
Jika suku pertama barisan geometri adalah 3 dan suku ke 6 adalah 96 .Maka 3072 merupakan suku ke ?
Jawaban :
Rumus Umum :
U_{n}=a.r^{(n-1)}

Maka Untuk suku pertama :
U_{1}=a.r^{(1-1)}= 3

U_{1}=a= 3

Untuk suku ke 6 :
U_{6}=a.r^{(6-1)}= 96

U_{6}=a.r^{5}= 96

Sehingga Untuk nilai rasio subtitusi data pada suku ke 1 ke data suku ke 6 :
a.r^{5}= 96

3.r^{5}= 96

r^{5}=  \frac{96}{3}

r^{5}=  32

r =   \sqrt[5]{32}

r =   2

Maka Untuk 3072 ialah :
U_{n}=a.r^{(n-1)}

U_{n}=3.2^{(n-1)}=3072

2^{(n-1)}= \frac{3072}{3}

2^{(n-1)}= 1024

2^{n} \times 2^{-1} = 1024

2^{n} \times  \frac{1}{2}  = 1024

2^{n}  = 1024 \times 2

2^{n}  = 2048

samakan\,\,pada\,\,ruas\,\,kiri\,\,dan\,\,kanan :

2^{n}  = 2^{11} \,\,\,\,\,\,\,\,\,\,[coret\,\,2]

n = 11


Maka\,\,3072\,\,merupakan\,\,suku\,\,ke\,\,11
Jadikan yg terbaik ya, dengan memberi label terbaik :)