Jawabanmu

2014-04-25T12:22:50+07:00
Karena terjadi perbedaan :
1. Tempat tinggal : dimana seseorang itu tinggal, mempengaruhi suatu kebudayaan yang mereka jalani, misalnya seseorang yang tinggal di daerah pantai mata pencaharian hidupnya tidak mungkin mencari teh karena tidak sesuai dengan tempat tinggalnya 2. Pengaruh dari luar : pengaruh dari luar ini tidak terbatas. Misalnya bagi daerah Jawa Tengah, lalu terpengaruh oleh Jawa Timur. Bagi Jawa Tengah, Jawa Timur itu termasuk pengaruh dari luar. Namun, pengaruh dari luar ini juga termasuk pengaruh dari bangsa asing yang dulu memang pernah menjajah Indonesia. Misalnya di Indonesia bagian timur banyak yang menganut agama kristen, sedangkan di bagian barat banyak yang menganut agama islam karena terpengaruh Turki, dll. 3. Iklim : iklim juga mempengaruhi kebudayaan yang dijalani oleh masyarakat. Hawa dan suhu lingkungan juga dapat menentukan apa yang kita lakukan. Misalnya, bagi orang-orang yang tinggal di daerah Eropa, udara disana dingin, sehingga mereka membutuhkan sesuatu yang dapat menghangatkan badannya, salah satunya dengan meminum alkohol. Sedangkan di Indonesia hal tersebut dilarang untuk dilakukan, karena Indonesia beriklim tropis sehingga udaranya tidak terlalu dingin dan juga terkadang tidak begitu panas, sehingga memang tidak membutuhkan alkohol untuk dikonsumsi. 4. Turunan nenek moyang : turunan dari nenek moyang ini, atau bisa katakan semacam tradisi yang diturunkan kepada setiap anggota keluarganya. Misalnya bahasa Jawa yang berbeda-beda, walaupun namanya itu sama-sama bahasa Jawa. Hal ini dikarenakan keturunan dari nenek moyang kita yang terdahulu. Mereka berkomunikasi dengan menggunakan bahasa-bahasa tersebut sehingga dari generasi ke generasi bahasa yang digunakan berbeda-beda, walaupun biasanya tingkat kekentalan berbahasa daerah itu semakin berkurang. 5. Mobilisasi : mobilisasi ini dapat menciptakan budaya baru. Misalnya ada orang Jawa yang tinggal di Palembang. Sehingga apa yang ada disuku Jawa orang tersebut di gabungkan dengan apa yang ada di Palembang, sehingga terbentuk budaya baru (terjadi akulturasi). 6. Jarak dan Lingkungan : ketika terjadi jarak dan lingkungan yang berbeda maka juga terjadi perbedaan budaya. Misalnya budaya didaerah Sumatera Utara berbeda dengan budaya di daerah Jawa Timur. Bahkan hal ini juga bisa terjadi didalam satu rumah, misalnya kebiasaan si adik dan si kakak dikamar mereka masing-masing. 7. Kepercayaan : kepercayaan juga mempengaruhi kebudayaan. Misalnya di daerah Bali kebanyakan menganut agama Hindu, sedangkan di Medan banyak yang menganut agama kristen. Ritual-ritual dan upacara agama yang dilakukan disetiap daerah tersebut berbeda-beda, dan hal ini karena dipengaruhi oleh perbedaan kepercayaan.

2014-04-25T12:34:07+07:00
Di Indonesia banyak terjadi keragaman sosial dan budaya karena dipengaruji oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain : 
1. Lingkungan geografis indonesia 
a. Negara Indonesia berbentuk kepulauan sehingga penduduk yang tinggal di suatu pulau terpisah oleh penduduk pulau lain sehingga, mereka mengembangkan adat dan kebiasaan masing-masing. 
b. Perbedaan bentuk muka bumi menyebabkan penduduk beradaptasi dengan kondisi geografis alam tempat tinggalnya. 
2. Pertemuan bangsa-bangsa 
Perpindahan bangsa-bangsa pendukung kebudayaan Dongson dari Yunan ke Nusantara menyebabkan masyarakat mengenal kebudayaan perunggu,cara melebur, dan mencetak logam.
3. Fakta ras 
Seorang ahli menyatakan bahwa bangsa yang mendiami daerah pesisir Melayu berasal dari Sumatera. Bangsa ini kemudian berbaur dengan bangsa Mongol dan disebut bangsa Proto Melayau (Melayu Tua) dan Deutro Melayu (Melayu Muda). Bangsa Proto Melayu menyebar ke sekitar wilayah Indonesia pada tahun 3000-1.500 SM dengan membawa kebudayaan Neolitikum (Batu Muda). Kemudian bangsa Deutro Melayu datang ke Indonesia seitar tahun 1.500-500 SM dengan membawa tradisi kebudayaan logam. 
4. Persebaran kebudayaan masa lalu 
5. Faktor perubahan budaya 
6. Pengaruh budaya asing