Jawabanmu

2014-04-25T06:03:11+07:00
Jawaban paling cerdas!
2014-04-25T08:06:48+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Teori asam basa Lewis, kata kuncinya adalah serah terima pasangan elektron bebas, jadi memang kebanyakan terjadi pada senyawa-senyawa kovalen... khususnya pada asam-basa organik.
 Coba kita analisa satu2...
a. NH3 dan BF3
analisa : NH3 pada atom pusat (N) memiliki 1 pasangan elektron bebas (H3N:)
sedangkan BF3 pada atom pusat (B) masih memiliki elektron sebanyak 6 (3 dari dia sendiri, 3 dari H yang berpasangan) sehingga masih ada kesempatan untuk menangkap 2 elektron lagi. Inilah yang menjadi celas NH3 masuk... kan punya sepasang elektron bebas kan...
maka ketika NH3 berikatan dengan BF3 maka akan terjadi serah elektron dari NH3 ke BF3, dan sesuai teori Lewis bahwa yh menyerahkan elektron adalah basa, so NH3 adalah basa dan BF3 adalah asam>>>

b. Ca + S
pada kasus ini, tidak terjadi perubahan asam/basa karena terjadi antar atom, ingat proses asam basa terjadi antar molekul..., jadi kalo antar atom bukan yah...he4
Ca menyerahkan elektron ke S dalam rangka membentuk ikatan ionik...makasih
3 4 3