1. tabung pitot digunakan untuk mengukur laju aliran gas dalam sebuah pipa. massa jenis gas adalah 1,3 kg?^3 dan perbedaan ketinggian raksa pada kedua kaki manometer adalah 2,8 cm. kecepatan aliran gas tersebut adalah?

2. sebuah kubus perak dengan volume 125 cm^3 saat ditimbang diudara memiliki berat 10 N. setelah kubus perak tersebut dicelupkan seluruhnya ke dalam minyak, ternyata beratnya menjadi 9 N. Jika g sebesar 10 ms^-2, massa jenis minyak sebesar??

2

Jawabanmu

2014-04-25T00:07:03+07:00
 tabung pitot digunakan untuk mengukur laju aliran gas dalam sebuah pipa. massa jenis gas adalah 1,3 kg?^3 dan perbedaan ketinggian raksa pada kedua kaki manometer adalah 2,8 cm. kecepatan aliran gas tersebut adalah?

bernouli 1/2 rho v^2 = rho g h

v^2 = 1.3*10.0.028 / 1.3*0.5

v^2 = 0.28/0.5
1 1 1
Jawaban paling cerdas!
2014-04-25T05:07:47+07:00
1.bernouli 1/2 rho v^2 = rho g h
v^2 = 1.3*10.0.028 / 1.3*0.5
v^2 = 0.28/0.5    = 0,56   V= akar 0,56    = 0,7 atau 7x10^-1 <--

2.Fa = Wu - Wa 
= 10N - 9N 
= 1N 

Fa = massa minyak . gravitasi 
= Volume minyak . massa jenis minyak . gravitasi 

sedangkan Volume minyak = volume benda 

Jadi, 
1N = 0,000125 m^3 . massa jenis minyak . 10m/s^2 
massa jenis minyak = 1N / (0,000125 m^3 . 10m/s^2) 
= 800 kg/m^3 <--
2 5 2