Jawabanmu

2014-01-22T14:33:11+07:00
belakangan ini terminologi gempa bumi baik tektonik maupun tsunami telah menjadikonsumsi banyak orang. di sepanjang abad 20 dan 21, gempa telah mengakibatkan banyak kematian dan kerugian material yang sangat besar. hingga dikatakan bahwa tak pernah ada peristiwa-peristiwa alam lain dalam sejarah yang pernah berpengaruh pada manusia hingga sampai pada batas sebagaimana halnya gempa bumi

Jawaban paling cerdas!
2014-01-22T14:42:41+07:00
Sebelum menulis teks eksplanasi, kita harus paham dulu ciri-ciri teks nya (eksplanasi). 
Ciri-cirinya antara lain
-pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.
-Harus berdasarkan fakta
-Faktualnya harus memuat info tetang keilmuan

Contoh nya : 

Gempa bumi merupakan bencana alam yang tak terduga kapan akan datang nya. Ada pun faktor-faktor gempa bumi antara lain karena pergerakan magma di dalam gunung berapi, injeksi atau akstraksi dari dalam bumi.

kalau buat deretan penjelasnya bagaimana
maksudnya?