Jawabanmu

2014-04-24T18:48:05+07:00
SDA yg dpt diperbarui,  SDA yg tdk dpt diperbaharui, SD aorganik,
2 2 2
2014-04-24T18:49:30+07:00
1). Sumber Daya Materi, yaitu sumber daya alam apabila dimanfaatkan adalah materi sumber daya alam. Contoh: Mineral magnetit, hematite, limonitit dan pasir. Kuarsa dapat dilebur menjadi biji besi (baja) yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, diantaranya bahan kendaraan, alat rumah tangga dan sebagainya.
2). Sumber Daya Alam Hayati, yaitu sumber daya alam yang terdiri dari mahluk hidup, hewan (sumber daya hewani), dan tumbuhan (sumber daya nabati).
3). Sumber Daya Alam Energi, yaitu sumber daya alam yang apabila barang yang dapat dimanfaatkan manusia adalah energi yang terkandung dalam sumber daya alam tersebut.Contoh, bahan bakar minyak (bensin, solar, minyaktanah dan lain-lain), gas alam, batu bara dan kayu baker merupakan sumber daya energi. Manusia menggunakan sumber daya tersebut untuk memasak, menggerakan mesin, industri dan sebagainya.
4). Sumber Daya Alam Ruang, yaitu tempat atau ruang yang diperlukan manusia dalam hidupnya (tempat tinggal). Makin besar jumlah penduduk, maka sumber daya alam akan sulit untuk diperoleh. Ruang dalam hal ini dapat diartikan sebagai ruang mata pencaharian (pertanian, perikanan), tempat tinggal dan sebagainya. Contoh: dikota-kota besar seperti Jakarta sumber daya ruang semakin sulit untuk didapat.
5). Sumber Daya Waktu, sebagai sumber daya alam, waktu tidak berdiri sendiri, melainkan tingkat dengan pemanfaatan sumber daya alam lainnya. Contoh: air sangat sulit didapat pada musim kemarau, akibatnya mengganggu tanaman pertanian.
3 4 3