Pengertian Paragraf Eksposisi merupakan karangan yang bertujuan untuk menginformasikan tentang sesuatu sehingga memperluas pengetahuan pembaca. Karangan eksposisi bersifat ilmiah/nonfiksi. Sumber karangan ini dapat diperoleh dari hasil pengamatan, penelitian atau pengalaman. Paragraf Eksposisi tidak selalu terbagi atas bagian-bagian yang disebut pembukaan, pengembangan, dan penutup.

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-24T18:34:36+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Teks Eksposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau informasi.
Ciri-ciri dari paragraf eksposisi, antara lain adalah:
- Berusaha menjelaskan tentang sesuatu- Gaya bersifat informatif- Fakta dipakai sebagai alat kontribusi- Fakta juga dipakai sebagai alat konkritasi- Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega
Tujuan dari Paragraf eksposisi untuk memaparkan atau menjelaskan sesuatu agar pengetahuan pembaca bertambah.
Contoh tema: Manfaat jejaring sosial facebook
Struktur Teks eksposisi, antara lain adalah:
- Tesis (Pembukaan)- Argumentasi (Isi)- Penegasan ulang (Penegasan ulang)
Jenis-jenis Teks eksposisi,antara lain adalah:
- Eksposisi definisi- Eksposisi proses- Eksposisi klasifikasi- Eksposisi ilustrasi- Eksposisi perbandingan- Eksposisi laporan
2 4 2
2014-04-24T22:55:03+07:00
Karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan dan informasi