Komentar sudah dihapus
ciri2 cerpen:
bersifat naratif, bersifat rekaan, memiliki kesan tunggal,mengandung interpretasi pengarang tentang konsepsinya mengenai kehidupan

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-24T17:07:00+07:00
Cerita pendek cenderung kurang kompleks dibandingkan dengan novel. Cerita pendek biasanya memusatkan perhatian pada satu kejadian, mempunyai satu plot, setting yang tunggal, jumlah tokoh yang terbatas, mencakup jangka waktu yang singkat.

Ciri-ciri Dongeng:
• Alur sederhana
• Singkat
• Tokoh tidak diurai secara rinci
• Penceritaan lisan
• Pesan dan Tema ditulis dalam cerita
• Pendahuluan singkat dan langsung


3 5 3
2014-04-24T17:07:21+07:00
Dongeng termasuk prosa lama yang memiliki batasan cerita khayal yang penuh berisi hal-hal yang sukar dapat diterima oleh akal manusia. Seperti halnya prosa lama lainnya dongeng juga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :

1. Dipengaruhi oleh agama hindu atau Islam
2. Banyak terdapat pepatah dan petitih
3. Menggunakan bahasa klise
4. Bersifat kurang dinamis
5. Nama pengarang tidak tertulis
6. isi banyak khayalan


Ciri - Ciri dari sebuah cerpen adalah Bentuk tulisannya singkat, padat, dan lebih pendek daripada novel. Terdiri  kurang dari 10.000 kata. Sumber cerita dari kehidupan sehari-hari, baik pengalaman sendiri maupun orang lain. Tidak melukiskan seluruh kehidupan pelakunya karena mengangkat masalah tunggal atau sarinya saja. Habis dibaca sekali duduk dan hanya mengisahkan sesuatu yang berarti bagi pelakunya saja. Tokoh-tokohnya dilukiskan mengalami konflik sampai pada penyelesaiannya.  Penggunaan kata-katanya sangat ekonomis dan mudah dikenal masyarakat.  Sanggup  meninggalkan  kesan  mendalam  dan  mampu  meninggalkan  efek pada perasaan pembaca. Menceritrakan  satu  kejadian,  dari  terjadinya  perkembangan  jiwa  dan  krisis,tetapi  tidak  sampai    menimbulkan  perubahan  nasib. Beralur tunggal dan lurus. Penokohannya  sangat  sederhana,  singkat,  dan  tidak  mendalam.