Apabila tidak ada konstitusi dalam suatu negara, maka akan sulit menjalankan roda pemerintahan karena tidak ada pembagian hak dan kewajiban yang jelas dan tertulis sehingga dapat membuat suatu negara menjadi kacau balau atau perpecahan

Jawabanmu

2016-09-27T16:04:33+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Konstitusi sebuah negara diperlukan karena konstitusi adalah sebuah dasar dalam penyelenggaraan kegiatan sebuah negara. Analoginya adalah apabila negara tidak memiliki konstitusi maka seperti sebuah rumah tanpa pondasi. 

Hal ini akan mengakibatkan susahnya sebuah pemerintahan dalam menjalan agenda kesehariannya karena pengaturan apa yang penting dan tidak, apa yang diperbolehkan dan tidak, dan apa yang dicita cita kan dan tidak, akan tidak tertuang dalam kegiatan sehari hari. 

Meski demikian penetapan konstitusi ini masih dapat di amandemen atau diubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Yang oleh karenanya saat ini ada yang dinamakan Mahkamah konstitusi ini.

Konstitusi paling tinggi untuk negara republik Indonesia adalah Pancasila dan UUD 45, setelah itu Undang undang dan seterusnya.
7 4 7