struktur teks laporan hasil observasi dan teks eksposisi beserta arti dari setiap struktur ?

2
Struktur teks eksposisi
1.Pernyataan pendapat (tesis)
2.Argumentasi
3.Penegasan Ulang Pendapat
strktur teks observasi : devinisi umum , deskripsi bagian ,dan deskripsi manfaat
Komentar sudah dihapus

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-24T16:09:13+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Struktur teks eksposisi

1.Pernyataan pendapat (tesis)
Pada bagian ini, berisikan pendapat atau prediksi sang penulis yang tentunya berdasarkan sebuah fakta.

2.Argumentasi
Alasan penulis yang berisikan fakta-fakta yang dapat mendukung pendapat atau prediksi sang penulis.

3.Penegasan Ulang Pendapat
Ini merupakan bagian akhir dari sebuah teks eksposisi yang berupa penguatan kembali atas pendapat yang telah ditunjang oleh fakta-fakta dalam bagian argumentasi. Pada bagian ini pula bisa disematkan hal-hal yang patut diperhatikan atau dilakukan supaya pendapat atau prediksi sang penulis dapat terbukti.
Jadi dapat disimpulkan bahwa struktur teks eksposisi memiliki kesinambungan secara berurutan.

Struktur teks observasi :
_Defenisi umum
_Deskripsi bagian
_Deskripsi manfaat
DEFENISI UMUM berisi : pengertian,jenis,contoh dan tujuan
DESKRIPSI BAGIAN berisi : pemaparan,penjelasan,uraian dari defenisi umu
DESKRIPSI MANFAAT berisi : manfaat untuk diri sendiri dan untuk orang lain


8 4 8
2014-04-24T16:19:03+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
Teks hasil observasi :
1. Definisi Umum : Bagian teks yang berisi pengertian akan sesuatu yang dibahas.
2. Deskripsi Bagian : Bagian teks yang berisi gambaran tentang sesuatu secara terinci.
3. Deskripsi manfaat : Bagian teks yang berisi manfaat atau kegunaan.

Teks Eksposisi :
1. Tesis : Bagian teks yang berisi tentang pendapat yang dikemukakan oleh penulis teks.
2. Argumentasi : Bagian teks yang berisi tentang argumen-argumen yang mendukung pernyataan penulis.
3. Penegasan ulang : Bagian teks yang berisi tentang pengulangan pernyataan yang digunakan untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pernyataan.


13 4 13