Jawabanmu

2014-04-24T16:02:43+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

×
Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.

Struktur pemerintahan si Solilolof ( Raja Ampat) berbentuk kerejaan dibantu olah suatu dewan adat yang terdiri dari kepala adat dimana tiap marga (Gelet) mempunyai wakilnya di dewan. Disamping Dewan Adat Kerajaan, Fun juga mengangkat perwakilan unruk meneruskan pemerintahnya didaerah yang jauh di pusat pemerintahan
Ada beberapa gelar kepala adat Raja Ampat dengan jabatannya masing-masing yang merupakan pemberian gelar dari SULTAN TIDORE kepala FUN yang secara periodesasi tetap mengantar upeti ke Kerajaan TIDORE.
a) Marga Metawai——————-Kepala adanya bergelar Jujau
b) Marga————————— Kepala adat bergelar Hukum
c) Marga Umalelen————— Kepala adat bergelar Domlaha/giemalaha
d) Marga Gemoor—————– Kepala adat bergelar Sawohit
e) Marga Ulla———————- Kepala adat bergelar Sadaha
f) Marga Umpeles—————- Kepala adat bergelar Mahimo. Disamping gelar adat, wakil-wakil Fun dipulau Salawati bergelar Kapita Umal atau mirimo (Mahimo) disapa galar merimo di kepulauan mesa kapal bergelar sangaji sedangkan diseget bergelar dumlaha.
Singkat cerita ; pada umumnya wakil-wakil diluar kerajaan bertugas mengumpulkan upeti keapada Fun yang nentinya diteruskan ke SULTAN TIDORE.

makasih raehan
raehan maaf bisa tolong carrin birokrasi/ skema kerajaan waigeo,misool dan salawati pliss gan ini penting bangett
2014-04-24T16:32:45+07:00
Gw setuju sma yg di jawaban lain
yg mana gan ??
Itu si RAEHAN -_-
Komentar sudah dihapus