1. ada 10 buah drum ( lima atas, lima bawah ) yang berbentuk tabung yang masing-masing berjari-jari 21cm. Diketahui = 22/7. Panjang tali yang minimal yang diperlukan untuk mengikat 10 buah drum tersebut....
a) 192 cm, b) 234 cm, c) 258 cm, d) 510 cm

2. ada 15 buah pipa paralon (bentuk segitiga) yang masing-masing berdiameter 14 cm. Untuk = 22/7 , panjang tali minimal yang diperlukan untuk mengikat 15 buah pipa paralon itu brp??
a) 168 cm, b) 212 cm, c) 240 cm, d) 256 cm

2

Jawabanmu

2014-04-24T14:55:37+07:00
2. Dik : d = 60 cm
        banyak paralon = 15
Dit : Panjang Tali untuk mengikat 15 paralon
Penyelesaian :
Rumus untuk mencari panjang tali menggunakan diameter 60 cm, maka :
Panjang Tali = 15 d + π d
⇒ 15 × 60 cm  + 3,14 × 60 cm
⇒ 900 cm + 188,4 cm
⇒ 1088,4 cm


makasih kak, tapi di pilihan ganda nya kok ngga ada?
Jawaban paling cerdas!
2014-04-24T14:57:27+07:00

Ini adalah Jawaban Tersertifikasi

Jawaban tersertifikasi mengandung isi yang handal, dapat dipercaya, dan direkomendasikan secara seksama oleh tim yang ekspert di bidangnya. Brainly memiliki jutaan jawaban dengan kualitas tinggi, semuanya dimoderasi oleh komunitas yang dapat dipercaya, meski demikian jawaban tersertifikasi adalah yang terbaik dari yang terbaik.
1. bagian samping pojok nya diikat serempat lingkaran = 4 buah = 1 lingkaran
Keliling nya = 2 phi r =42 phi cm = 131,88 cm
bagian atas bawah ada 5 =2(  21 +42+42+42+21) = 336 cm
samping kiri kanan = 21 + 21 = 42 cm

jadi panjang tali = 509,88 cm  jawabnya :D

2. tunggu bentar ya..

ada tuh mendekati option D
iya makasih ya ^^
kalo nomer 2 nya?
untuk segitiga yang 15 paralon = paling bawah tumpukan 5 buah,4,3,2,1.
ada sutut sisi nya ada 3 buah = 2 samping + 1 diatas mempunyai sudut 120 derajat
sehingga
untuk lengkungannya ada 3 buah = 3 x ( 120/360 . keliling lingkaran)
= 44 cm
untuk bagian tali dibawah = 56 cm
untuk bagian samping ada 2 buah = 2 . 56 =112 cm

jadi total nya = 44 + 56+112 = 212 cm jawaban B
Komentar sudah dihapus