1. Contoh akibat pemuaian benda?
2. Koefisien muai panjang suatu zat adalah 0,0000015 /derajat celcius. Apa artinya?
3. Apakah ada koefiien muai panjang 2 macam zat yang sama nilainya? Jelaskan jawabanmu!
4.Mengapa kabel listrik bertegangan tinggi dipasang agak kendur?
5. Pada suhu 0 derajat celcius, panjang sebatang besi adalah 200cm. Jika suhu besi dinaikkan menjadi 100 derajat celcius, teryata panjang besi itu menjadi 200,24cm. Tentukan koefisien muai panjang besi!
6. Panjang sebatang baja pada 20 derajat celcius adalah 40cm. Jika koefisien muai panjang baja 0,00002/derajat celcius, berapa panjang suhu 70 derajat celcius?

Mohon Bantuannya dengan cepat

2

Jawabanmu

Jawaban paling cerdas!
2014-04-24T14:10:53+07:00
Jawab No.1
Pemasangan kaca jendela
Celah pemuaian pada sambungan jembatan
Sambungan rel kereta api
Kawat telepon atau kawat listrik

Jawab No. 2
Artinya pertambahan panjang suatu benda sebesar 0,0000015 jika suhunya dinaikan sebesar 1 derajat C tiap satuan panjang

Jawab No. 3 
Tidak ada, karena koefisien muai panjang dipengaruhi oleh jenis benda dan jenis bahan. Jadi kalau zatnya berbeda pasti koefisien muai panjangnya juga berbeda.

Jawab No.4

kawat yg bertegangan tinggi dipasang kendur (pada siang hari/ temperatur panas), agar kawat tidak menyusut pada malam hari (temperatur dingin).

Jawab No. 5

Lt = Lo x (1 +  α x ΔT)
2,0024 m = 2 m x ( 1 + α x (100-0)
2,0024 = 2 x (1 + α x 100)
2,0024 = 2 + 200α
2,0024 - 2 = 200α
0,0024 : 200 = α
0,000012 = α

Jawab No. 6

ΔL = L₀ ×α × ΔT
ΔL = 40 × 0,00002 × 50
ΔL = 0,04 cm

L₁ = L₀ +ΔL
L₁ = 40 + 0,04
L₁ = 40,04 cm
maksudnya apa? -_-
@yahiko: jadi jawaban nomor 5 apa?
Komentar sudah dihapus
2014-04-24T14:11:48+07:00
4. agar tidak putus saat menyusut di malam hari 1. kabel listrik yang dipasang agak kendur agar tidak putus saat menyusut di malam hari